Walkthrough Resident Evil 2 Leon (A) Scenario


Timeline Resident Evil 2 adalah pada September 1998. Melanjutkan cerita di resident evil sebelumnya (Resident Evil 1/Director's Cut). Kini virus sudah menyebar luas di Racoon City, penyebaran ini terjadi melalui tikus yang telah terjangkit virus dan menyebarkan virusnya ke seluruh penjuru kota. Racoon City menjadi daerah rawan biohazard dimana insiden kanibalisme terus menerus bertambah. Di sisi lain Birkin telah berhasil menyempurnakan G-Virus.

Resident Evil 2 memiliki 2 side story, yaitu antara Leon dan Claire. Leon Scott Kennedy merupakan seorang Polisi amatir yg baru saja lulus dari akademi RPD (Racoon Police Departement). Leon pergi ke Racoon City untuk bertugas dikantor Polisi Racoon, tanpa tahu apa yang sebenarnya telah terjadi di Racoon City.

Berawal dari kedatangan Leon Scott Kennedy ke Racoon City utk tugas pertama diKantor RPD, Leon pun bertemu dgn Claire Redfield yg sedang mencari Kakak nya Chris Redfield, dalam perjalanan memakai mobil polisi Leon dan Claire harus terpisah setelah mobilnya menabrak dan meledak, 

A. Kontrol Dasar

  • X : Kontrol untuk Eksekusi jika dikombinasikan dengan R1, membuka box, membuka pintu, melakukan cek.
  • ⃞ : Kontrol untuk Berlari jika di kombinasikan dengan tombol arah.
  • ▲ : Kontrol untuk membatalkan/Cancel.
  • ⚪ : Kontrol untuk membuka Inventory.
  • R1 : Kontrol untuk membidik secara otomatis kearah musuh, kadang juga bisa menghindari serangan musuh.
  • L1 : Kontrol untuk merubah posisi musuh jika sedang membidik.
  • Start : Kontrol untuk Pause.
  • Select : Kontrol untuk membuka Option game atau memotong cut-scene.
  • ↑,↓ : Kontrol untuk membuat karakter maju dan mundur, digunakan juga untuk menggerakan kursor di menu Option/Inventori ke atas dan ke bawah.
  • ←,→ : Kontrol untuk membuat karakter bergerak kekiri dan kekanan, digunakan juga untuk menggerakan kursor di menu Option/Inventori ke kiri dan ke kanan.
  • R1 + ↑/↓ : Kombinasi untuk membidik lawan ke arah kepala / membidik kaki lawan atau bisa juga membidik lawan yang sedang terkapar.
  • R1 + X : Kombinasi untuk menembak.

B. Karakter

Leon S. Kennedy

Leon adalah seorang polisi pemula yang idealis. Dia membara dengan kebutuhan untuk melindungi dan melayani, dan kehidupan sebagai kadet adalah pengalaman yang membuka matanya. Meskipun ceroboh dan berani, Leon tentu tidak sepolos yang tampak dari penampilannya. Dia sangat berkualifikasi untuk pekerjaan barunya di Kepolisian Raccoon.

Claire Redfield

Claire adalah wanita modern yang ceria dan fasih berbicara. Meskipun kadang-kadang bisa sedikit tomboy, dia agak liar. Penuh rasa percaya diri dan ekstrovert, Claire biasanya orang pertama yang mencoba sesuatu yang banyak orang lain tidak akan coba.


Ada Wong

Leon bertemu dengan wanita misterius ini yang sangat tertutup namun, pada saat yang sama, seorang penyelidik yang profesional dan terampil. Dia juga bisa terlihat merendahkan dan cenderung berbicara merendahkan pada orang yang dianggapnya lebih rendah dari dirinya. Niat sebenarnya Ada tidak diketahui sampai akhir permainan, namun dia terbukti bermanfaat dalam pertempuran.

Sherry Birkin

Seorang anak berusia 12 tahun yang kesepian dan tidak percaya diri. Sherry sangat dewasa untuk usianya. Dia sangat pemalu dan ketika dia berbicara, dia kekurangan rasa percaya diri dan selalu merasa bingung. Orangtua Sherry terlalu sibuk dengan pekerjaan mereka untuk memperhatikan kebutuhan emosional anak mereka.


Robert Kendo

Pemilik bangga dari Kendo Gun Shop. Dia adalah spesialis senjata yang menyediakan unit S.T.A.R.S. Kota Raccoon dengan model-model khusus. Reaksinya terhadap wabah Virus-T adalah untuk tetap berlindung di toko senjatanya sampai datang bala bantuan.


Marvin Branagh

Anggota berdedikasi dari Departemen Kepolisian Raccoon yang merupakan salah satu dari sedikit orang yang selamat di seluruh kantor polisi. Sayangnya, selama wabah, dia diserang oleh zombie dan terinfeksi oleh Virus-T. Tidak butuh waktu lama sebelum virus akhirnya menguasai tubuhnya, dan dia menjadi seorang zombie.


Ben Bertolucci

Seorang reporter untuk Raccoon City Press, Ben menemukan beberapa fakta menarik tentang Kepala Kepolisian, namun tidak bisa mengungkapkannya sebelum wabah terjadi. Sekarang takut akan hidupnya sendiri, dia mengunci diri di tempat teraman yang bisa dia temukan. Ben tidak memiliki peran utama, dia membantu mengembangkan alur cerita tentang Brian Irons dan Umbrella. Dia juga memberikan saran tentang cara melarikan diri dari kota melalui Saluran.

Brian Irons

Kepala Departemen Kepolisian Raccoon yang ditemui Claire Redfield selama pelariannya dari kota. Meskipun perilakunya selama pertemuan-pertemuan ini mungkin tampak hanya karena stres, ada sisi yang jauh lebih jahat pada Kepala Irons.


Annette Birkin

Istri William Birkin, dan ibu Sherry Birkin, dia membantu suaminya mengembangkan Virus-G. Dia bertekad untuk membalas kematian suaminya, dia menjadi sangat paranoid sehingga dia percaya bahwa setiap orang yang dia temui adalah agen dari Umbrella yang datang untuk mencuri sampel Virus-G. Kalian bertemu dengan Annette beberapa kali selama permainan, di Saluran dan di Laboratorium. Dia tidak terlihat sangat menyenangkan, tetapi dia mengungkapkan kepada Leon kebenaran di balik alasan Ada hadir di sini, dan bagaimana Raccoon terinfeksi begitu cepat.

William Birkin

Peneliti termuda Umbrella saat pertama kali memulai, ia memiliki hasrat untuk pekerjaannya dan dengan demikian mengabaikan keluarganya. Setelah mengambil alih penelitian James Marcus bersama peneliti Albert Wesker, ia pindah ke laboratorium Mansion Spencer dan menyempurnakan Virus-T. Selama waktunya di fasilitas Arklay, dia menemukan Virus-G, dan dengan cepat meminta rencana untuk membangun laboratorium di bawah Raccoon City sehingga dia bisa mengembangkan pekerjaannya dalam mutagen baru ini.

Hunk

Diberi julukan "Mr Death," karena dia entah bagaimana berhasil lolos dari kematian saat dia kembali dari misinya sebagai satu-satunya yang selamat. Hunk adalah seorang prajurit yang bekerja untuk Umbrella, dan biasanya dikirim untuk melakukan tugas pembersihan atau mengambil informasi penting atau paket dari situasi berbahaya. Pada kesempatan ini, dia dikirim ke Kota Raccoon untuk mengambil sampel Virus-G dari laboratorium William Birkin.

C. Weapon

Knife

Sebuah Pisau Tempur sangat tajam dan sangat berbahaya jika di tangan yang tepat. Mungkin terlihat seperti lelucon untuk menggunakan senjata ini melawan apa pun yang dijumpai selama permainan, tetapi berguna untuk menyingkirkan zombie pada awal permainan ketika Kalian tidak memiliki amunisi senjata yang lebih kuat.

H&K VP70

Hand Gun yang lebih kecil yang menggunakan peluru parabellum 9mm, mampu menampung 18 peluru sekaligus. Senjata ini efektif melawan beberapa musuh yang lebih lemah dalam permainan. Senjata ini juga bisa kalian tingkatkan dengan Hand Gun Parts untuk membuat H&K VP70 Burst.


H&K VP70 Burst

H&K VP70 yang ditingkatkan memungkinkan akselerasi tembakan yang lebih cepat dengan memberikannya tembakan tiga kali. Namun kalian mungkin menemukan bahwa amunisi kalian akan cepat habis. Untuk membuat senjata ini, Kalian perlu menggabungkan H&K VP70 dengan Hand Gun Parts untuk mendapat senjata ini


Browning HP

Hand Gun dari Departemen Kepolisian Raccoon yang menggunakan peluru parabellum 9mm. Ini adalah senjata kalian saat bermain menggunakan Claire, mampu menampung 13 peluru sekaligus.



Remington M1100-P

Variasi yang lebih kecil dari Remington M1100 dengan pipa dipotong. Ini menggunakan Peluru Shotgun. Hanya tersedia untuk Leon, shotgun yang lebih kecil ini adalah senjata bagus untuk menjatuhkan musuh yang kalian temui selama permainan. Senjata Ini dapat ditingkatkan menjadi versi dengan pipa yang lebih panjang, Remington M1100, dengan menggabungkannya dengan Shotgun Parts.

Remington M1100

Shotgun kustom dengan pipa yang diperpanjang. Ini menggunakan Peluru Shotgun. Shotgun yang ditingkatkan adalah senjata yang kuat, dengan pipa yang lebih panjang akan membuat banyak musuh terpental. Berguna melawan sekelompok musuh besar karena cakupan serangannya yang luas. Untuk membuat senjata ini, Kalian perlu menggabungkan Remington M1100-P dengan Shotgun Parts.

Bow

Bow, dirancang untuk menembakkan panah secara terus menerus. Senjata ini bukan yang terbaik, sepertinya Leon mendapatkan pilihan senjata terbaik. Namun masih berguna melawan musuh awal permainan, dan pasokan Bolt Bow yang tersedia untuk Claire sepanjang permainan sangat cukup.


Colt S.A.A.

Pistol gaya "wild west" ini eksklusif untuk Claire. pistol yang menggunakan Peluru Hand Gun, jadi hanya praktis digunakan melawan musuh awal permainan. Untuk mendapatkan ini, Kalian perlu mendapatkan Special Key.


Grenade Launcher M79

Grenade Launcher yang kuat yang eksklusif untuk Claire dan mampu menembakkan beberapa jenis peluru. Ada tiga jenis peluru yang berbeda yang tersedia untuk Grenade Launcher; Grenade Round, Acid Round, dan Flame Round.


Sub Machine Gun MAC11

Submachine gun dengan amunisi besar. Ini tersedia hanya untuk satu karakter, dan berguna untuk tembakan cepat. Cukup kuat, mampu menjauhkan musuh. Namun amunisi dapat habis dengan cepat. Senjata ini menggunakan Peluru Senapan Mesin. 

Kalian dapat mendapatkan senjata ini dengan amunisi tak terbatas setelah menyelesaikan Skenario 2 kedua karakter dalam waktu kurang dari 3 jam dengan peringkat A atau B.

Desert Eagle 50A.E

Sebuah pistol yang sangat kuat, mampu menampung delapan peluru. Eksklusif untuk Leon, senjata ini dapat membunuh sebagian besar musuh dengan satu tembakan dan sebaiknya disimpan untuk pertempuran bos karena jumlah Peluru Magnum-nya yang langka. Kalian dapat meningkatkan senjata ini dengan menggabungkannya dengan Magnum Parts untuk membuat Desert Eagle 50A.E Custom.

Desert Eagle 50A.E Custom

Sebuah magnum yang ditingkatkan dengan panjang laras yang meningkatkan kekuatan tembakan secara signifikan. Ini jauh lebih kuat dari Desert Eagle 50A.E dan sekali lagi sebaiknya digunakan untuk bos yang lebih kuat. Untuk membuat senjata ini, Kalian perlu menggabungkan Desert Eagle 50A.E dengan Magnum Parts.


Spark Shot

Senjata eksklusif untuk Claire yang pada dasarnya adalah cambuk listrik berkekuatan tinggi. Ini dapat berguna untuk menjatuhkan musuh lemah, namun tidak terlalu bagus untuk hal lainnya.



Flame Thrower

Sebuah penyembur api dengan persediaan bahan bakar terbatas. Senjata ini eksklusif untuk Leon. Karena Claire mendapatkan Grenade Launcher M79 dengan Flame Rounds. Senjata Ini memiliki satu penggunaan khusus, yaitu membersihkan Vines dari sistem ventilasi.


Rocket Launcher

Peluncur roket yang dipasang di bahu ini menyebabkan kerusakan besar dan mampu mengalahkan musuh dengan satu tembakan.

Kalian dapat mendapatkan senjata ini dengan peluru tak terbatas setelah menyelesaikan Skenario 2 kedua karakter dalam waktu kurang dari 2,5 jam dengan peringkat A atau B.

Gatling Gun

Senjata khusus dengan amunisi tak terbatas. Meskipun perlu beberapa detik untuk mulai, begitu mulai, senjata ini mampu menghentikan hampir setiap musuh dari maju, dan menyelesaikan mereka dengan sangat cepat.

Kalian dapat mendapatkan senjata ini setelah menyelesaikan Skenario 2 kedua karakter dalam waktu kurang dari 2,5 jam dengan peringkat A atau B.


D.Weapon Parts

Hand Gun Parts

Bagian untuk mengupgrade H&K VP70 menjadi H&K VP70 Burst.




Shotgun Parts

Bagian untuk mengupgrade Remington M1100-P menjadi Remington M1100.



Magnum Parts

Bagian untuk Mengupgrade Desert Eagle 50A.E Menjadi Desert Eagle 50A.E Custom.




E.Condition

Kalian bisa melihat bar Condition di Inventoi, dan kalian juga bisa melihat Condition dari cara Karakter Berjalan.
  • Fine (Hijau), kondisimu normal
  • Caution (Kuning), kondisimu sudah terluka dan jalanmu akan lambat ditandai dengan memegangi perut, kondisi ini bisa diobati dengan 1 Green Herb saja.
  • Caution (Orange), kondisimu sudah sangat terluka dan sudah mau memasuki tahap Danger, jalanmupun masih sama seperti Caution (Kuning), kondisi ini bisa di obati dengan 2 gabungan Green Herb saja).
  • Danger  (Merah), kondisimu terluka sangat parah berjalanmu akan lambat dan menunduk, kondisi ini bisa diobati dengan 1 First Aid Spray, bisa juga menggunakan gabungan 3 Green herb atau gabungan 2 saja (Herb Hijau Dan Merah).
  • Poison (Ungu), kondisimu terkena racun dan secara perlahan kondisimu akan semakin parah, kondisi ini bisa diobati dengan 1 Blue Herb atau gabungan dari Blue Herb.

F.Healing Item

Green Herb

Tanaman yang paling berguna dari ketiga jenis yang dapat kalian temukan. Green Herb itu sendiri akan mengembalikan sejumlah kecil kesehatan, tetapi dapat ditingkatkan efeknya dengan menggabungkannya dengan Green Herb lainnya untuk menciptakan Mixed Herb (G+G) yang akan menggandakan keampuhannya. Ini juga dapat digabungkan dengan Blue Herb untuk menciptakan Mixed Herb (G+B) atau digabungkan dengan Red Herb untuk menciptakan Mixed Herb (G+R).

Red Herb

Salah satu dari tiga jenis tanaman yang tumbuh di dalam pot di sekitar gedung R.P.D. dan area sekitarnya. Tanaman ini tidak memiliki kegunaan saat digunakan sendirian, tetapi meningkatkan efek Green Herb ketika digabungkan, menciptakan Mixed Herb (G+R).


Blue Herb

Salah satu dari tiga jenis tanaman yang tumbuh di dalam pot di sekitar gedung R.P.D. dan area sekitarnya. Tanaman ini dapat digunakan untuk menetralkan efek dari racun, menjadikannya sangat berguna setelah berhadapan dengan musuh yang beracun seperti Laba-laba Raksasa dan Poison. Ini bisa digunakan sendirian atau digabungkan dengan Green Herb untuk meningkatkan efek penyembuhan.

First Aid Spray

Semprotan medis kuat yang dapat membersihkan dan menyembuhkan luka dengan cepat dan efektif. Satu dari ini akan mengembalikan kesehatan kalian sepenuhnya. Meskipun tidak banyak yang ditemukan dalam permainan, baik untuk disimpan saat menghadapi pertempuran bos. Meskipun semprotan ini tidak menghilangkan status keracunan, kalian masih memerlukan Blue Herb untuk menyembuhkan racun.

Mixed Herb (G+G)

Ini adalah kombinasi dua Green Herb. Ini memiliki keampuhan ganda dari satu Green Herb tunggal. Ini dapat digabungkan dengan Green Herb lainnya untuk menciptakan Mixed Herb (G+G+G) untuk meningkatkan efek penyembuhan lebih lanjut, atau dapat digabungkan dengan Blue Herb untuk menciptakan Mixed Herb (G+G+B).

Mixed Herb (G+R)

Ini adalah kombinasi dari satu Green Herb dan satu Red Herb. Karena Red Herb meningkatkan efek tanaman lain, campuran ini dapat mengembalikan kesehatan kalian sepenuhnya hingga 100%, namun tidak akan menyembuhkan status racun. Gabungkan ini dengan Blue Herb untuk menciptakan Mixed Herb (G+R+B).


Mixed Herb (G+B)

Ini adalah kombinasi dari satu Green Herb dan satu Blue Herb. Ini memiliki kemampuan untuk menyembuhkan racun dan juga mengembalikan sejumlah kecil kesehatan kalian. Ini dapat lebih lanjut digabungkan dengan Green Herb lainnya untuk menciptakan Mixed Herb (G+G+B) atau digabungkan dengan Red Herb untuk menciptakan Mixed Herb (G+R+B).

Mixed Herb (G+G+B)

Ini adalah kombinasi dari dua Green Herb dan satu Blue Herb. Ini memiliki keampuhan ganda dari satu Green Herb tunggal dengan efek tambahan menyembuhkan racun.



Mixed Herb (G+G+G)

Ini adalah kombinasi dari tiga Green Herb. Ini memiliki tiga kali keampuhan dari Green Herb tunggal, yang berarti dapat mengembalikan kesehatan kalian hingga 100%.



Mixed Herb (G+R+B)

Ini adalah kombinasi dari satu Green Herb, satu Red Herb, dan satu Blue Herb. Kombinasi ini mampu mengembalikan kesehatan kalian hingga 100% dan menyembuhkan kalian dari status racun.




G.Walkthrough

LEON SCENARIO A

Leon A Scenario Walkthrough

Jalan lurus kedepan hindari kumpulan zombie yg ada didepanmu dengan berjalan zig-zag atau tembak jika perlu lalu masuklah ke Shop Kendo maka anda akan bertemu dgn Kendo org yg menodongkan Shotgun ke kalian dan akan ada perbincangan sebentar, ambil Handgun Bullets di Lemari dan Meja maka akan ada cut scene zombie memecahkan kaca dan membunuh Kendo, tembaki zombie lalu ambil Shotgun pada mayat Kendo lalu masuk kepintu belakang ikuti jalan dan tembak zombie yg ada didalam ring ikuti jalan ini dulu lalu ambil Handgun Bullets di mobil ambulance.

 

kembali lg bunuh zombie didepanmu masuki ring yg sekarang sudah terbuka lalu masuki pintu dan naiki tangga kekanan lalu turuni tangga lagi ambil Handgun Bullets disampah tembak zombie yg ada dibalik pembatas, naiki pembatas turun lalu jalanlah hindari saja zombie yg ada disini trus masuki pintu jalan kekanan nanti akan ada gerombolan zombie yg sedang memakan mayat hindari saja dgn berlari masuk kedalam bus ambil Handgun Bullets dikursi belakang bus.

Jalan terus, keluar melalui pintu lainnya di sebelah kanan. Berlarilah disini, hindari para zombie yang ada disini, mereka terlalu banyak untuk kalian hadapi, lari ke ujung, lalu masuki pagar masuk menuju ke halaman kantor RPD di sebelah kiri. Abaikan zombie yang mengintip di pintu pagar, kalian langsung saja jalan ke kanan menuju area terbuka, hindari dua zombie disini. Jalan sampai ke ujung, ada Green Herb tersembunyi di balik pot tanaman disini. Lalu kembali, lalu masuki pintu masuk ke dalam bangunan kantor RPD

 

POLICE STATION

Raccoon City Police Department

Cutscene dimulai, Welcome to the Raccoon City Police Department Main Hall. Turuni tangga, ke kiri lalu ke kanan, buka satu-satunya pintu yang bisa kalian masuki disebelah kiri. Disini akan ada Cutscene dengan Marvin Brannagh, yang terluka parah akibat gigitan zombie. Marvin akan memberikanmu Blue Card Key setelah percakapan dan kemudian Marvin akan menyuruhmu untuk keluar ruangan dan dia mengunci pintunya.

 

Gunakan Blue Card Key pada komputer yang ada di tengah meja resepsionis. Ambil Handgun Bullets di meja dan Ink Ribbons di mesin tik. Kalian bisa menyimpan data kalian disini. Setelah itu masuki pintu ganda yg sudah tidak terkunci lg, disini kalian bisa simpan barang2mu, bawa pistol dan Shotgun aja, ambil file Police Memorandum di kursi lalu jalan kebelakang deretan meja. Meja disebelah kanan kalian masih terkunci dan membuatuhkan Small Key untuk membukanya.


Licker

lalu cari pintu didalam ruangan ini trus masuki pintu jalan kedepan lalu kekanan akan ada mayat polisi disini periksa utk mendapatkan Handgund Bullet,  jalan kedepan maka Leon akan mengecek Darah yg ada dilantai dan akan ada Lickers yg keluar dr jendela, tembak pake shotgun minimal 2 tembakan dia akan tewas lalu ambil Green Herb disitu, masuki pintu yg ada didepanmu jalan kedepan hati2 karna ada tangan tangan zombie yg mencoba masuk tp tenang saja hiraukan saja ikuti lorong ini dan masuki pintu ganda disamping kanan dr Leon.


Ambil File Operation Report dimeja dan ingat ingat nomor kode yang ada di akhir file. Lalu lanjut ke gudang belakang tepatnya dipojok sebelah kanan ada  Handgun Bullets, pergi keperapian pakailah Lighter utk membuat api maka akan keluar Red Jewel trus diCheck agar berubah jd Virgin Heart keluar dr ruangan ini. Lanjut ikuti lorong dan masuki pintu terakhir dilorong ini, bersiap hadapi zombie2 yg ada disini lalu ambil jalur kekiri dan kekanan ambil 2 Green Herb dan masuki Dark Room simpanlah 'Virgin Heart dan barang2 yg kurang penting. Ambil file Operation Repots 2 di belakang mesin tik dan Ink Ribbon dimesin tik, ambil juga Handgun Bullets di lemari belakang meja mesin tik. Di bagian belakang, kalian bisa mencuci Film yang kalian dapatkan diruangan ini untuk mendapatkan file.

 

keluar dari ruangan, lalu naiki tangga dan bunuh zombie yg menghalangi langkahmu jalan lurus kedepan maka ada patung disitu, ada Handgun Bullets  yang tersembunyi di belakang patung tersebut, selesaikan puzzle dgn menggeser patung yg kanan kekiri tembok yg ada papan selancar lalu sebaliknya maka Red Jewell akan jatuh ambil trus Check agar menjadi Virgin Heart.

 

Meet Claire

Lalu masuki pintu disitu dan bunuhlah zombie didepanmu trus masuki pintu sebelah kiri dr Leon ambil F.Aid Spray ditmpat obat lalu ambil Shotgun dilemari lalu check meja tengah ambil Chris Diary dan Unicorn Medal maka aka nada cutscene Claire akan datang dan Leon akan berbincang. Selesai cutscene, segeralah keluar dan kembali ke Hall ke Patung Wanita yg ada didepan Pintu Masuk utama lalu pasangkan Unicorn medal dipatung itu utk mendapatkan  Precint key (namanya akan berubah menjadi Spade Key jika kalian melakukan check).

 

kembali masuk kepintu ganda lalu masuk lagi kepintu selanjutya dan gunakan Spade Key utk membuka pintu yg ada disamping mayat Polisi lalu masuk. Jalan terus di rak depanmu kalian akan mendapatkan file Patrol Report, lalu ke kiri periksa lemari untuk mendapatkan Ink Ribbon. Temukan tangga diruangan ini lalu geser tangga kecil sampai ujung naiki ambil Crank di atas lemari. Turun dari tangga lalu keluar dr sini.

 

Kembali ke tangga depan Ruang Dark Room saran saya bawa Shotgun,  naiki tangga lg masuk pintu yg disamping patung puzzle yg tadi ikuti lorong ini dan masuki pintu diujung dgn menggunakan Spade Key lalu buanglah kuncinya, banyak zombie yg sedang makan dekati lalu tembaklah pakai Shotgun agar tewas semuanya. Lurus lalu periksa lemari di kiri untuk mendapatkan Handgun Bullets. Kembali lagi ke jalan sebelumnya, lalu ambil jalur kiri disitu ada meja yg blum bisa dibuka karna kalian belum menemukan Small Key, segera masuki pintu yg ada disitu lalu naiki tangga ikuti lorong ini sampai Leon terjatuh.

 

Liblary Puzzle

Periksa lukisan, ingat ingat posisinya berada, melalui warna lampunya. Tekan tombil disini yang akan membuka jalan keluarmu. Susun Puzzle lemari buku disini. Geser saja lemari buku yang paling kiri ke kanan (Right), lalu lemari buku yang sebelahnya ke kanan (Right) juga, maka lukisan yang tadi akan terbuka, ambil Bishop Plug dari lukisan yang terbuka.

 

Ambil Red Herb di meja sebelah kanan pintu ganda yang ada di ruangan ini. Lalu masuki pintu ganda trsebut bunuh zombie yg ada didepanmu. Ke kiri, lalu ke kannan. Ditengah tekan tombol pada emergency ladder untuk membuka jalan pintas menuju Main Hall 1F.


Jangan dulu turun kebawah, lanjutkan perjalanan kalian lalu ke kanan hingga keujung lalu masuki pintu disebelah kiri. Ambil Ink Ribbons di mesin tik dan Secretary’s Dairy disebelahnya. Ambil juga Small Key di kursi. (Gunakan saja Small key untuk membuka meja yang terkunci di sebelah kanan menuju ke Liblary untuk mendapatkan Handgun Parts).

 Lanjut ke pintu berikutnya. Ada dua zombie disini. Jika kalian ke kiri, maka kalian akan menemukan bagian depan helicopter yang terbakar disini. Jadi, jalan ke kanan, lalu masuki pintu di sebelah kiri. Kalian berada di lorong yang gelap sekarang. Lurus, buka kunci di pintu abu-abu di depanmu, tapi jangan masuk, jalan ke kiri, periksa mayat untuk mendapatkan Handgun Bullet , lalu tembak burung gagak disini. Hati-hati karena tiba-tiba empat burung gagak lainnya akan menerobos jendela dan menyerangmu juga. Lanjutkan jalan, menuju ke pintu di ujung lorong.


Kalian ada di atap sekarang. Ke kanan, lalu terus ke kanan lagi, lalu turuni tangga di kanan. Tembak empat zombie disini lalu ke kanan dan belok kiri,lurus terus masuki pintu di ujung menuju ke Cabin. Lanjutkan jalan ke depan, lalu ke mesin tik di sebelah kanan untuk mendapatkan Ink Ribbons dan Handgun Bullets di sebelahnya. Yang terpenting ambil Valve Handle di lantai. 

Peringatan, jangan buka pintu di dekat mesin tik, karena dua zombie akan muncul dan menyerangmu. Lagipula, kalian tidak perlu kesana karena itulah jalur yang dilalui Claire sebelumnya. Jadi, keluar melalui pintu sebelumnya. Jalan lurus terus lalu ke kiri, naiki tangga lagi di sebelah kiri. Lurus, ke kiri, lalu lurus terus, masuki lorong kecil di balik pagar.

Gunakan Valve Handle pada slot di ujung kanan. Maka air akan mengalir dan memadamkan api pada helikopter. Keluar dari sini, lalu kembali masuk ke bangunan RPD melalui pintu sebelumnya. Lurus terus lalu ke kanan, ke kanan lagi lalu masuki pintu di ujung lorong kembali ke lorong dengan bagian helikopter di dalamnya. Menuju ke tempat dimana bagian helikopter berada lalu masuki pintu di ujung sebelah kanan. Pastikan dulu kalian membawa dua Virgin Hearts, jika tidak kembali ke Waiting Room dan ambil Virgin Heart dari Item Box. Sekalian, kalian dapat menyimpan Valve Handle di dalam Item Box sekarang.

Masuki pintu yang ada di ujung sebelah kanan dimana bagian helikopter berada. Lurus terus, periksa guci di depan untuk mendapatkan Ink Ribbons. Periksa juga lemari di sebelah kiri untuk mendapatkan Shotgun Shells. Gunakan dua Virgin Hearts pada kedua patung di sebelah kiri dan kanan. dada patung akan terbuka dan mengeluarkan King Plug. Ambil juga Precint Key.

Keluar dari ruangan, lurus lalu ke kiri, masuki pintu di sebelah kanan kembali ke Waiting Room. Simpan dulu King Plug dan Bishop Plug di dalam Item Box. Teruskan ke pintu berikutnya menuju ke Main Hall 2F. Jalan terus, ke kiri, lurus lalu ke kiri lagi, masuki pintu ganda menuju ke Library. Masuki pintu lainnya di sisi kiri ruangan. Jalan terus lalu ke kiri, masuki pintu berikutnya. kalian ada di lorong STARS Room lagi sekarang. Terus jalan, ke kanan, lalu masuki pintu di ujung. Jalan terus lagi sampai bertemu tangga, turuni tangga. Belok ke kiri, buka pintu abu-abu di ujung dengan menggunakan Diamond Key.

Di Evidence Room, bunuh zombie-zombie yang ada disini, hati-hati dengan dua zombie yang ada di sebelah kanan. Kalian dapat menemukan Shotgun Shells di loker depan dan sebuah Film di loker di bagian belakang (kalian dapat mencuci Film di Dark Room, ruangan yang ada di bawah tangga untuk mendapatkan file Photo A). Lanjutkan menuju ke pintu berikutnya di sebelah kiri. Kalian akan kembali ke West Office, tempat dimana kalian menemukan Marvin sebelumnya.

Zombie Marvin

Masuki ruangan pribadi Marvin untuk melihat cut-scene Marvin berubah menjadi zombie (perlu dicatat bahwa zombie Marvin sedikit lebih kuat daripada zombie biasanya). Bunuh dia dengan menggunakan Costum Handgun (jika kalian ingin menghemat amunisi) atau gunakan saja Shotgun, tepat ketika dia bangkit. Ambil Precint Key (Namanya akan berubah menjadi Heart Key jika kalian melakukan check) di meja di sebelah Marvin, keluar dari ruang pribadi, ambil file Memo To Leon di meja di depan pintu menuju ke Main Hall dan Handgun Bullets yang ada di loker sebelah kanan pintu menuju ke Main Hall, lalu buka pintu dan kembali ke Main Hall melalui pintu itu. Di Main Hall, masukilah satu-satunya pintu yang belum kalian masuki di sebelah kiri pintu masuk bangunan RPD.

Jalan ke kiri, bunuh zombie-zombie yang ada di Lobby ini. Abaikan saja pintu ganda biru di kananmu, jalan terus lalu belok kanan, masuki pintu di ujung Lobby. Lurus, bunuh zombie di depanmu, Jalan terus lalu belok kiri, bunuh zombie-zombie yang berani menghalangi jalanmu. Lurus masuki pintu pertama yang kalian temui disini dengan menggunakan Diamond Key, lalu buang kuncinya. Ambil Cord dan First Aid Spray di meja dan Rook Plug di lemari, maka seekor Licker akan memecahkan kaca dan menyerangmu.

Keluar dari ruangan ini melalui pintu sebelumnya. Ke kanan, ada Red Herb disini, masuki pintu abu-abu di sebelah kanan menuju ke Interview Room. Ada Small Key disini (kalian dapat menggunakannya untuk membuka meja di Reception Room untuk mendapatkan First Aid Spray). Keluar dari ruangan ini, pintu hijau di ujung sebelah kiri terkunci dan membutuhkan Club Key untuk membukanya, jadi kembali ke kiri, ke kanan, lalu ke kanan lagi, kembali melalui pintu di ujung lorong.

Jalan terus, lalu ke kiri, masuki pintu ganda biru di sebelah kiri untuk menuju ke East Office. Bunuh semua zombie yang ada disini, hati-hati juga kepada zombie yang berpura-pura mati di lantai. Masuki ruang pribadi di sebelah kiri, bunuh zombie disini. Periksa berangkas lalu masukkan kode yang terdapat pada file Operation Report yang kalian temukan di Reception Office sebelumnya (2236), ambil Shotgun Shells dan Police Station Map di dalamnya. Ambil juga Green Herb tersembunyi di balik ruangan.

Keluar, lalu ke kiri menuju ke pintu yang terbuka. Di sebelah kanan kalian akan menemukan mayat seorang polisi, periksa untuk mendapatkan Handgun Bullets dan pintu yang ada di dekatnya menuju ke tangga darurat, dimana ada dua Green Herb di dekatnya, dan satu Green Herb di atas tangga, pintu di atas akan membawamu kembali ke lorong gelap yang pernah kalian lewati sebelumnya (terkunci dari dalam jika sebelumnya kalian tidak membuka kuncinya), jadi kalian tidak perlu kesana sekarang.

Kembali ke pintu sebelumnya, ke kanan, lalu buku pintu lainnya di ujung dengan menggunakan Heart Key, lalu buang kuncinya. Ada dua Green Herb di depanmu. Ambil jika diperlukan. Jalan terus lalu belok kiri, lurus terus sampai bertemu panel, gunakan Cord pada panel dengan lampu hijau untuk menutup kaca jendela yang pecah. Hal ini untuk mencegah zombie menerobos kaca yang pecah untuk beberapa waktu lamanya. Ke kiri, ambil jalan kiri, lalu ke kanan menuju ke lemari dan ambil Shotgun Shells dari lemari, kembali lalu turuni tangga (pintu di sebelah kiri terkunci dan membutuhkan Club Key untuk membukanya). Jalan terus lalu ke kiri, ada tiga anjing yang siap menyerangmu di lorong ini. Bunuh mereka.

Lalu belok kanan, jalan terus, masuki pintu di kiri menuju ke Sub-station Room. Jalan terus melalui jalan kanan, lalu ke kiri, ambil Police Station B1F Map di rak. Jalan ke kiri, periksa alat kontrol, ada power supply puzzle yang harus diselesaikan disini. Berikut ini solusinya yang mungkin dapat digunakan : Up, Up, Down, Up, Down Setelah menyelesaikan puzzle , maka listrik akan mengalir pada Weapon Storage Room.

First Meet Ada
Kembali, ambil
Green Herb yang ada di ruangan ini jika diperlukan. Keluar dari ruangan, ke kanan, jalan terus, lalu belok kiri, jalan terus sampai ujung, masuki pintu di kanan. Lurus terus sampai ada cut-scene dengan Ada Wong, dia akan memberitahumu bahwa dia mencari Ben yang berada di dalam sel, namun dia tidak menemukan jalan lain masuk ke dalam sana, selain melalui pintu yang terhalangi oleh mobil van. Selesai cut-scene, kalian dapat mengambil Green Herb yang ada di kanan ruangan. Dorong mobil van bersama dengan Ada untuk membuka jalan. Masuki pintu, Ada akan berlari meninggalkan Leon. Jalan terus lalu belok kanan, lalu ke kiri. Lurus terus, ambil Handgun Bullets di meja lalu masuki pintu menuju ke Holding Cells di sebelah kiri.

Kalian dapat mengambil dua Green Herb dari sel tahanan pertama di sebelah kiri. Lanjut ke sel di ujung untuk cut-scene dengan Ben, Ada akan masuk dan bertanya tentang keberadaan kekasihnya, John yang bekerja di kantor cabang Umbrella namun menghilang enam bulan yang lalu.

Ambil Manhole Opener di rak yang ada di dekat sel Ben, lalu keluar dari Holding Cell. Ke kanan, jalan terus lalu masuki pintu di kiri menuju ke Kennel. Lurus, lalu ke kanan, ada Red Herb di sebelah kanan, ambil jika kalian menginginkannya. Abaikan saja anjing-anjing disini atau jika kalian tidak ingin mereka menimbulkan masalah nantinya, tembaklah mereka sebelum mereka berhasil merobohkan pintu kandang. Buka penutup dengan menggunakan Manhole Opener lalu turun ke bawah tangga. Jalan lurus lalu ke kiri, berhati-hatilah dengan Giant Spiders disini.

Jalan terus, lalu ke kanan, bunuh laba-laba raksasa lainnya disini. Berhati-hatilah, karena cairan yang mereka keluarkan dapat membuatmu terkena status Poison. Lanjutkan jalan, lalu naiki tangga di kiri. Masuki Storage Room di kiri. Jika kalian terkena status Poison, kalian dapat menetralisirkan racunnya disini, karena ada Blue Herb di ruangan ini. Ambil Ink Ribbons di mesin tik. Save gamemu bila perlu. Bawa juga King Plug, Rook Plug dan Bishop Plug yang telah kalian dapatkan dari dalam Item Box. Keluar dari ruangan, lalu jalan ke kiri masuki pintu di depanmu. 

Ke kanan, lalu ke kiri seberangi jembatan lalu ke kiri, gunakan King Plug, Rook Plug dan Bishop Plug pada panel di samping pintu. Masih ada satu Plug lagi yang harus kalian cari. Keluar dari tempat ini. Cut-scene dengan Ada, Leon akan memperkenalkan namanya kepada Ada, lalu dia akan membantu Ada untuk memanjat ke atas lubang ventilasi.

Ada Wong Gameplay
Kalian mengendalikan Ada sekarang untuk sementara. Jalan terus lalu masuki pintu di depanmu. Ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, masuki ruangan di kiri lalu jalan terus dan turun dengan menggunakan lift. Ambil Shotgun Shells disini, lalu kembali naik ke atas dengan menggunakan lift. Jalan terus lalu ke kanan, terus jalan dan masuki pintu di ujung. Ambil Sewage Disposal Map di dinding. Jalan terus lalu turun melalui jalan di sebelah kiri (agak tersembunyi), turun lagi dan turun lagi. Ada puzzle disini, kalian harus mendorong kotak menuju ke ujung dinding agar Ada bisa menyeberang saat air diisi nanti.

Box Puzzle

  • Pertama panjat dulu kotak yang ada di sebelah kiri, lalu turun melalui sisi lainnya.
  • Dorong kotak sedikit ke kanan agar kotak di sisi kiri dapat didorong maju ke depan.
  • Dorong kotak paling kiri maju ke depan sampai menyentuh dinding, lalu dempetkan kotak di sebelahnya agar merapat, jika belum rapat.
  • Dorong kotak yang paling kanan ke depan, lalu kembali naik ke atas.
  • Operasikan alat kontrol untuk mengisi air.

Sekarang kalian dapat menyeberang melalui kotak yang telah kalian susun tadi. Ambil Precint Key terakhir yang ada di lemari ujung (Namanya akan berubah menjadi Club Key jika kalian melakukan check), lalu kembali dan keluar dari ruangan ini. Jalan terus lalu belok kanan, jalan terus lalu belok kiri, masuki pintu di kanan. Cut-scene, Ada akan melemparkan Club Key dan Shotgun Shells kepada Leon lalu kembali meninggalkannya. Kalian akan mengontrol Leon lagi sekarang .

Ambil Club Key dan Shotgun Shells yang dilemparkan Ada. Lalu kembali ke kiri, jalan terus dan turuni tangga. Ke kanan, jalan terus, lalu ke kiri. Jalan terus, lalu naiki tangga di sebelah kiri. Jalan terus lalu ke kiri, keluar dari Kennel. Jalan terus, lalu belok kiri, masuki pintu di ujung. Jalan lurus terus, masuki pintu lainnya, kembali ke lorong utama B1F. Ke kiri, jalan terus, akan ada beberapa Lickers disini yang akan menyerangmu, gunakan Shotgun untuk membunuh mereka. Jalan ke kanan jalan terus, lalu gunakan Club Key pada pintu Autopsy Room, masuki ruangan. Lurus terus lewati ranjang periksa lemari di sebelah kiri untuk mendapatkan Red Card Key, lalu para zombie akan bangkit disini.

Bunuh mereka, lalu keluar dari ruangan. Ke kiri, lurus terus sampai ujung, gunakan Red Card Key pada Weapon Storage Room. Masuk ke dalam, ambil Handgun Bullets di rak sebelah kanan. Periksa lemari. Kalian harus memilih antara Side Pack dan Sub-Machine Gun. Kalian bisa mengambil keduanya, namun Claire tidak akan kebagian apa-apa nantinya, jadi sebagai orang yang bijak, pilih salah satu. Saya menyarankan Sub Machine Gun, tapi kalian boleh memilih Side-Pack atau mengambil keduanya.

Keluar dari ruangan, ke kiri, jalan terus, lalu belok ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, naiki tangga. Menuju ke ruangan di balik tangga, gunakan Club Key untuk membukanya. Ambil Ink Ribbons di meja. Lurus terus lalu ke kanan menuju ke ranjang, ambil Magnum di meja dan Watchman Diary di ranjang. Keluar dari ruangan, ke kanan, lalu ke kanan lagi, jalan terus lalu ke kanan lagi. Masuki pintu di kiri. Jalan terus lalu masuki pintu yang terbuka di kanan. Keluar dari East Office melalui pintu ganda biru. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi sampai di ujung lorong, masuki pintu di kiri. Lurus terus lalu ke kiri, jalan terus lalu ke kiri lagi sampai ke ujung. Buka pintu hijau di ujung lorong dengan menggunakan Club Key lalu buang kuncinya. Lurus terus, ambil Film di meja (kalian dapat mencucinya di Dark Room menjadi file Photo B), lalu menuju ke ujung. Nyalakan api pada tungku di sebelah kiri dengan menggunakan Lighter.

Puzzle
Ada puzzle lainnya disini. Berikut adalah solusinya : 12, 13, 11 Jika benar, maka Cogwheel Gear akan lepas dari lukisan. Ambil Cogwheel Gear lalu keluar dari ruangan. Ke kanan, lalu jalan terus lalu ke kanan lagi, jalan terus lalu ke kanan lagi, masuki pintu di ujung lorong. Ke kanan, lurus terus lalu belok kiri, jalan terus ke ujung, masuki pintu kembali ke Main Hall 1F. Jalan terus, turuni tangga di kanan. Jika ingin mencuci film, lewati pintu di sebelah kiri menuju ke West Office, tempat dimana kalian bertemu dengan Marvin sebelumnya, masuki pintu menuju ke Evidence Room, lalu terus ke pintu berikutnya, masuki ruangan di bawah tangga ke Dark Room. Lanjut ke perjalanan utama, kembali ke Main Hall. Naik ke atas dengan menggunakan emergency ladder. Berhatihatilah dengan Licker disini. Kalian harus membawa Crank disini. Ke kanan, jalan terus, lalu ke kanan, jalan terus lalu masuki pintu di kiri menuju ke Waiting Room. Ambil Crank dari dalam Item Box.

Keluar dari ruangan, kembali ke Main Hall 2F, ke kiri, jalan terus sampai ujung, lalu ke kiri lagi, jalan terus, masuki pintu di kanan menuju ke Library. Akan ada cut-scene dimana zombie menerobos masuk jendela yang pecah. Di Library, naiki tangga, jalan ke kiri, lalu masuki pintu di kanan. Kalian berada di Main Hall 3F sekarang. Ke kanan, jalan terus ke ujung, lalu masuki pintu di sebelah kanan. Di dalam Gear Room, ke sisi kanan ruangan. Gunakan Crank pada lubang untuk menurunkan tangga. Naiki tangga ke atas. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, jalan sampai ke ujung. Gunakan Cogwheel Gear pada mesin, maka lubang rahasia akan terbuka.

Ambil Knight Plug di dalamnya. Turuni lubang, maka kalian akan otomatis berada di B1F. Cut-scene dimana Ben diserang oleh monster raksasa William Birkin. Ke kiri, jalan terus lalu ke kanan, belok kiri lagi sampai ke ujung, masuki Holding Cells. Cut-scene dengan Ben, seekor monster akan memaksa keluar dari tubuh Ben dan Ben akhirnya mati. Ada akan masuk ke dalam ruangan, baca Mail To Chief (yang menunjukkan keterlibatan Chief Irons dengan Umbrella dan William Birkin). Ada akan meninggalkanmu lagi.

First Boss Fight

Keluar dari Holding Cells. Ke kanan, lalu jalan terus, masuki pintu di kiri menuju ke Kennel. Lurus terus lalu belok kanan, turun ke bawah tangga menuju ke Sewer. Jalan terus, ke kanan, jalan lagi, ke kanan lagi, lalu naiki tangga di sebelah kiri. Lurus terus, siapkan dirimu untuk menghadapi boss monster, masuk ke Storage Room bila ingin mengambil persediaan. Bila sudah siap masuki pintu di depanmu. Jalan terus lalu hadapi G-Imago yang terbentuk dari potongan tubuh monster William. Gunakan senjata terkuatmu untuk mengalahkannya (Magnum atau Shotgun, lebih bagusnya lagi Sub-Machine Gun jika kalian memilikinya), berhati-hatilah juga dengan G-Embryo yang keluar dari tubuh monster itu. Setelah mengalahkannya, gunakan Knight Plug pada panel di sebelah pintu yang terkunci, maka pintu sekarang sudah dapat terbuka. Jalan terus, cutscene, Leon akan bergabung kembali bersama Ada.

SEWER

Turun ke air. Lalu masuki pintu besar di sebelah kiri. Jalan terus sampai bertemu jalan di sebelah kiri, naik ke atas. Ada dua Blue Herbs disini. Kalian dapat mengambilnya bila perlu. Masuk ke pintu di sebelah kanan. Kalian berada di Control Room sekarang. Ambil Ink Ribbons di mesin tik, save gamemu bila perlu. Ambil file Sewer Manager Fax di meja dan Handgun Bullets di rak kecil berwana merah. Ingatlah untuk membawa Valve Handle dari Item Box bersamamu, karena kalian akan menggunakannya kembali sekarang. Kalian bisa mendorong lemari di yang ada ruangan ini untuk membuka pintu yang berisi tangga turun ke dalam Warehouse. Turuni tangga. Ke kanan, lalu nyalakan lampu dengan menggunakan Lighter. Ambil Magnum Bullets di rak. Jalan terus lalu ke kanan. Cari lampu lainnya disini, gunakan Lighter untuk menyalakannya. Ambil Shotgun Shells lalu kembali naik ke atas. Gunakan lift di sudut ruangan untuk turun ke bawah.

Cut-scene, Leon akan tertembak oleh Annette yang sebenarnya hendak menembak Ada. Kalian akan mengontrol Ada lagi sekarang. Jalan ke lorong di kiri, lalu jalan terus ambil Sewer Map di sebelah kiri, masuki pintu di ujung. Ikuti kemana perginya Annette.

Turun ke bawah air. Jalan ke kiri, lalu naiki tangga di sebelah kanan menuju ke ventilasi. Berusahalah untuk terus berjalan sampai ke ujung untuk menghindari para kecoak yang akan menyerangmu. 
Turuni tangga, jalan ke kanan, lalu ke kiri. Cut-scene, Annette akan muncul dan menceritakan semuanya, tentang suaminya, William yang menginjeksikan virus ke tubuhnya sendiri, tentang dia yang mengetahui bahwa Ada adalah seorang mata-mata yang dikirimkan oleh Umbrella, tentang Ada yang memanfaatkan John untuk memberikannya informasi, juga tentang John yang ternyata sudah berubah menjadi zombie dan mati. Di tengah pembicaraan akan ada FMV dari William. Ada akan membela diri dan akhirnya tanpa sengaja membuat Annette terjatuh ke bawah. Selesai cut-scene, lanjutkan jalan, seberangi jembatan di sebelah kiri, jalan terus lalu ke kanan, turuni tangga. Ada sesuatu yang tidak beres di air, Ada akan menjerit dan membangunkan Leon dari pingsannya.

Kalian akan mengendalikan Leon lagi. Jalan, masuki lorong di kiri, lurus terus, masuki pintu di ujung. Turun ke air, jalan ke kiri. Kalian tidak akan dapat menggunakan tangga yang dilalui Ada sebelumnya karena kipas berputar terlalu cepat. Jalan terus sampai ke ujung, lalu naiki jalan di kiri. Ambil Wolf Medal dan Shotgun Shells dari dua mayat USS disini. Turun lagi ke air, jalan ke kanan, lurus terus. Hindari atau bunuh laba-laba raksasa disini, lewat jalan kiri. Masuki pintu pagar di ujung. Lurus terus, bunuh atau hindari saja laba-laba disini.

Gunakan Wolf Medal pada panel di dinding sebelah kanan dimana ada jalan yang terhalangi oleh air terjun. Naik ke jalan di kiri, masuki pintu ganda di depanmu. Jika kalian terkena status Poison karena racun dari laba-laba raksasa, kalian dapat menetralisirkan racunnya dengan menggunakan Blue Herb di sebelah kanan.

Jalan ke kiri, lalu ke kanan. Gunakan Valve Handle pada slot dengan lampu yang menyala untuk menuruni jembatan. Seberangi jembatan, gunakan kembali Valve Handle pada slot lainnya untuk menaikkan kembali jembatan ke atas. Ada dua Green Herb disini, ambil jika perlu. Ambil Shotgun Shells di samping mesin tik dan Ink Ribbons di mesin tik yang ada di sisi kiri. Sangat direkomendasikan untuk save gamemu disini. Masuki pintu lainnya disini.

Gigant Alligator
Jalan terus, lalu ke kiri, terus jalan lalu ke kiri lagi, lanjut jalan terus lagi sampai di ujung. Cut-scene, Giant Alligator akan berusaha menyerangmu. Larilah kembali ke jalan sebelumnya, temukan sebuah lampu berwarna hijau yang menyala lalu periksa untuk menjatuhkan tabung gas. Berlarilah ke ujung dalam jangkauan sasaran tembak yang tepat.

Biarkan alligator raksasa itu memakan tabung gas, dan ketika dia muncul, segera tembak dia untuk menghabisi nyawanya. Perlu dicatat disini bahwa tanpa tabung gas, kalian tidak akan bisa mengalahkannya, bahkan jika kalian memiliki Rocket Launcher sekalipun.

Kembali ke jalan sebelumnya menuju ke ujung lorong. Tekan saklar untuk membuka pintu, lalu masuki pintu besar di kirimu. Jalan terus lalu naik ke atas. Cut-scene, Ada akan membalut luka Leon dengan perban dan memberitahukan Leon bahwa John sudah mati. Selesai cut-scene kalian berada di atas.

Masuki jalan di sebelah kiri, seberangi jembatan lalu ke kiri dan ke kiri lagi, ambil Eagle Medal dari tubuh mayat dan Sewer Manager Diary di atas alat kontrol. Kembali menuju ke jalan sebelumnya, ke kanan lalu lurus terus sampai ujung, belok kanan, lurus terus gunakan Valve Handle pada slot yang tersedia lalu naiki tangga ke ventilasi. Jalan terus ke ujung, namun kali ini tidak akan ada kecoak yang menyerangmu, lalu turuni tangga. Jalan ke kiri, lurus terus, zombie-zombie akan bangkit disini, di percabangan ambil kiri, masuki pintu pagar ke area berikutnya. Jalan lurus terus sampai ke panel, gunakan Eagle Medal pada panel dan air terjun akan berhenti mengalir.

Monster Hand
Naik ke atas, masuk ke pintu. Lurus terus lalu ke kanan, jalan terus, masuki pintu berikutnya. Lurus terus, lalu ke kanan. Ambil jalan platform kanan, operasikan mesin kontrol untuk menyalakan kereta listrik. Masuk ke dalam kereta melalui platform kiri. Ada akan mengoperasikan kereta listrik. Tangan monster akan muncul tiba-tiba dan berusaha menyerangmu.

Kalian dapat mengetahui posisi dimana tangan monster itu akan muncul melalui reruntuhan kecil yang jatuh. Jika kalian ingin menghemat amunisi, cukup berlari menghindari tangan monster dan biarkan Ada yang menyerangnya. Setelah memberinya cukup serangan, Ada akan menembakinya dan membuat monster itu kabur. Setelah kereta listrik tiba di stasiun, keluar dari kereta.

FACTORY AREA

Jalan ke kiri, lalu gunakan Lighter pada Flare Gun untuk menemukan Weapon Box Key di sebelah kanan. Ke kanan, lalu jalan terus, masuki pintu. Jalan lurus terus, bunuh zombie di dekatmu, di percabangan ambil jalan kiri, jalan lurus terus, bunuh zombie-zombie lainnya disini. Periksa mayat di ujung untuk mendapatkan Shotgun Parts lalu kombinasikan dengan Shotgun agar menjadi Costum Shotgun dengan kekuatan yang lebih besar daripada Shotgun sebelumnya.

Kembali lalu jalan ke kiri, lurus terus sampai ujung, lalu belok kiri, jalan terus masuki pintu di ujung. Jalan terus lalu belok kiri. Jalan terus, bunuh zombie-zombie yang menghalangi jalanmu. Ambil jalan ke kanan, lurus terus lalu ke kiri untuk mengambil dua Green Herbs disini. Kembali lalu lurus terus sampai ujung lalu belok kanan, jalan terus lalu naiki tangga di ujung. Ambil First Aid Spray di lemari dan Ink Ribbons di mesin tik disini. Ambil juga Magnum Bullets dan Shotgun Shells disini. Siapkan senjata terkuatmu disini, karena kalian akan menghadapi Boss nanti (Magnum dan Costum Shotgun yang terbaik, tapi fokuskan dulu pada Magnum karena Magnum memiliki daya serang yang lebih tinggi dan kecepatan menembak yang lebih baik). Siapkan juga Healing Items yang cukup.

Keluar dari ruangan ini melalui pintu. Kalian akan berada di Turntable Area sekarang. Jalan ke kiri, periksa tong sampah yang tergeletak untuk mendapatkan Handgun Bullets. Jalan ke kanan, kalian akan melihat kereta lokomotif disini. Ambil Factory Map di dinding sebelah kanan, lalu jalan terus, ambil jalan platform sebelah kiri terus sampai ujung, ke sebelah kanan, naik ke atas kereta lokomotif, lalu masuki pintu di kanan. Lurus terus dan kalian akan menemukan Magnum Bullets di sisi kiri ruangan. Ambil Control Panel Key dari gantungan kunci di dinding, lalu keluar dari kereta lokomotif. 

Turun ke bawah lalu gunakan Control Panel Key pada panel di samping kereta. Tekan tombol maka kereta siap berangkat, kalian akan otomatis masuk ke dalam kereta lokomotif, namun beberapa saat kemudian tangan monster akan menyerang Ada hingga tidak sadarkan diri.


Boss Mutated William 1
Keluar dari kereta lokomotif, turun ke bawah, lalu jalan ke kiri, kalian akan menghadapi Mutated William secara langsung untuk pertama kalinya. Gunakan Magnum untuk menghabisinya. Selalu perhatikan Status screenmu, dan jangan tunggu sampai kondisimu berubah menjadi DANGER, segera obati bila berubah menjadi CAUTION, karena William akan mencakarmu setiap saat. Perhatikan juga jumlah amunisi yang kalian miliki, jangan biarkan Leon me-reloadnya sendiri, lakukan itu di status screen agar lebih aman. Setelah menerima cukup serangan, Mutated William akan kabur atau pingsan. Kembali ke dalam kereta lokomotif.

LABOLATORY AREA


Leon akan membawa Ada ke Security Room yang ada di fasilitas penelitian rahasia milik Umbrella. Ada akan mengatakan kepada Leon bahwa dia hanya akan memperlambat perjalanan Leon, namun Leon mengatakan bahwa sudah menjadi tugasnya untuk melindungi Ada, Leon kemudian akan menyuruh Ada beristirahat. 

Persiapkan dirimu di dalam Security Room ini. Ambil Green Herb di atas lemari, Shotgun Shells di dalam loker, Magnum Bullets di meja dan Ink Ribbons di mesin tik. Save gamemu disini bila perlu. Gunakan kembali senjatamu, karena Leon tidak memakai senjatanya saat ini. Oh iya pastikan juga kalian membawa Weapon Box Key, karena kalian akan menggunakannya nanti. Keluar dari ruangan.

Jalan ke kanan, lurus terus, masuki pintu di ujung (lift di sebelah kanan tak bisa kalian masuki karena Claire mengecek bagian sana). Kalian berada di Main Shaft sekarang. Tempatmu berada memiliki lampu berwarna putih, jalan terus ke depan untuk berada di tengah ruangan. Perhatikan sebuah alat pembangkit di tengah ruangan, alat ini membutuhkan Main Fuse untuk membangkitkan energi kembali.

Terdapat dua jalan lainnya disini. Jalan dengan lampu biru membawamu ke East Area dan jalan dengan lampu merah menuju ke West Area. Pertama, tujulah East Area dulu dengan melewati jalan dengan lampu biru dulu. Masuki pintu di ujung. Jalan terus, ambil jalan kiri, lurus terus masuki pintu beku di sebelah kiri menuju ke Fusing Room. Disini, ambil First Aid Spray di atas drum dan Fuse Case di rak.

Gunakan Fuse Case pada alat kontrol di sebelah kanan untuk menjadikannya Main Fuse. Keluar dari ruangan. Ke kanan, jalan terus lalu ke kanan lagi, kembali ke Main Shaft. Jalan terus sampai ke tengah ruangan, gunakan Main Fuse pada alat pembangkit disini untuk menyalakan kembali tenaga listrik di seluruh area laboratorium.

Sekarang pergilah ke West Area melalui jalan dengan lampu merah. Masuki pintu di ujung. Jalan terus lalu belok kanan. Masuki pintu paling ujung menuju ke Researcher’s Room. Ambil file Laboratory Security Manual di komputer lalu file User Registeration di kursi. Periksa loker untuk mendapatkan Flamethrower. Sekarang periksa komputer untuk menyalakan B.O.W.s Sprinkler.

Gunakan Flamethrower milikmu untuk memusnahkan tanaman yang ada di sebelah kiri ruangan (arahkan ke atas). Setelah itu, gunakan Shotgunmu, lalu lewati lubang menuju ke ruangan sebelah. Bunuh dua Envolved Lickers yang ada disini. Periksa loker untuk mendapatkan dua kotak Shotgun Shells.

Keluar dari ruangan melalui pintu di sebelah kanan. Ke kanan, jalan terus menuju ke shutter, tekan tombol untuk membukanya, basmi dua monster Plant 42 dengan menggunakan Flamethrower dalam jarak dekat. Masuki keluar melalui pintu di ujung. Gunakan Flamethrower lagi untuk membasmi monster Plant 42 lagi disini. Turuni tangga, lalu masuki pintu. Gunakan kembali Shotgunmu disini. Jalan ke kiri, lalu ke kiri lagi, akan ada Envolved Licker yang turun dari atas, dua lagi ada di depan. Tembak mereka dengan menggunakan Shotgun.

Jalan terus sampai ujung, ambil dua Green Herb disini. Ke kiri, jalan terus menuju ke lorong di sebelah kiri, masuki pintu di ujung. Jalan terus sampai ke monitor yang menyala, periksa untuk mendapatkan Laboratory Map. Jalan terus, save gamemu bila perlu, lalu masuki pintu berlabel B di atasnya. Lurus terus, lalu ke sebelah kiri, lalu masuki pintu di sebelah kiri menuju ke P4 Laboratory (William Birkin’s Lab). Gunakan Weapon Box Key pada loker dengan lampu biru yang menyala dan dapatkan Magnum Parts. Gabungkan dengan Magnum untuk menjadikannya Costum Magnum.

Masuki pintu, bunuh dua zombie disini, jalan terus lalu masuki pintu lainnya di kiri. Bunuh zombie-zombie disini, targetmu adalah Lab Card Key di meja. Setelah mendapatkannya, keluar dari William Birkin’s Lab. Sekarang ke kanan, lurus terus menuju ke lorong dengan sarang telur, hindari Baby Moth yang jatuh dari langit-langit, gunakan Lab Card Key pada pintu di ujung.

Lanjut masuk ke dalam Computer Room. Computer Room ternyata telah menjadi sarang monster. Gunakan Shotgunmu untuk membunuh Giant Moth disini. Tembak Baby Moth di komputer agar kalian bisa mengoperasikan komputer. Masukkan GUEST sebagai Username (file User Registeration). Keluar dari ruangan ini, jalan terus melewati lorong, hindari Baby Moth, lalu belok kiri menuju ke lorong lainnya, masuki pintu menuju ke Monitor Room di ujung. Jalan terus sampai ke ujung, masuki pintu berlabel C di atasnya, kembali ke lorong LickersJalan terus, pelan-pelan saja, karena jika kalian berlari, Envolved Licker akan muncul dari atas dan menyerangmu.

Lurus terus masuki lorong di kanan, telusuri lorong lalu masuki pintu di kanan.Kembali naik ke atas tangga, masuki pintu kembali ke West Area. Lurus terus lalu belok kanan, masuki pintu kembali ke Main Shaft. Jalan terus sampai ke tengah ruangan, lewati lorong biru menuju ke East Area. Jalan terus, tekan tombol untuk membuka shutter di kanan. Jalan terus, periksa alat sensor sidik jari di sebelah kiri, registerasikan sidik jari Leon. Note : Kalian tidak bisa masuk ke dalam sekarang, karena pintu membutuhkan dua sidik jari yang berbeda. Saat di skenario B, registerasikan juga sidik jari Claire, dan biarkan Claire yang masuk ke dalam Culture Room. Di dalam hanya akan ada Machine Gun Bullets.Tidak untuk disebutkan, di dalam ada tiga Envolved Lickers. Tapi kalian akan tahu, di dalam sana adalah tempat untuk melakukan eksperimen dan tempat dimana Lickers diciptakan.

Kembali ke ruangan di tengah area ini. Gunakan Lab Card Key untuk membukanya, lalu buang kartunya. Ambil First Aid Spray dan Magnum Bullets di meja operasi. Jalan terus menuju ke tombol berwarna merah, nyalakan lampu. Zombie-zombie akan terlihat, bunuh mereka. Ke tempat operasi di sebelah kanan, ambil MO Disk disini. Keluar dari ruangan ini.

Meet Annette
Cut-scene dengan Annette, dia akan memberitahukan kepada Leon kenyataan sebenarnya tentang Ada, bahwa Ada adalah seorang mata-mata yang dikirim oleh Umbrella dan dia menjadi pacar John untuk memperoleh informasi tentang Umbrella, meskipun Leon tidak mempercayai hal itu. Namun, naasnya, terjadi gempa dan pipa terjatuh dari langit-langit dan menimpa Annette. Leon akan mengambil G-Virus dari tangan Annette. Bersiaplah untuk menghadapi boss terakhir.

Good Bye Ada ?
Keluar dari area ini dan kembali ke Main Shaft. Lewati jalan dengan lampu merah. Cut-scene dengan Ada, Ada akan mengancam Leon untuk menyerahkan G-virus dan mengarahkan pistolnya ke arah Leon. Ada kemudian menurunkan senjatanya lalu malah tertembak oleh Annette.Dia terjatuh ke samping platform, namun Leon berusaha mengangkatnya kembali. Ada mengatakan kepada Leon bahwa dia ingin sekali lari bersama Leon, lari dari segalanya, namun akhirnya Ada terjatuh ke bawah. Leon kemudian akan membuang G-virus. Lanjut, jika kalian memeriksa pistol di lantai, kalian akan tahu bahwa pistol Ada tak memiliki peluru di dalamnya. Masuki pintu di ujung menuju ke East Area.

Tujuanmu sekarang adalah menuju kembali ke lorong Lickers. Jalan terus, lalu belok kiri, masuki pintu di ujung. Turuni tangga, masuki pintu lainnya. Ke kiri, jalan terus, bunuh dua zombie tak berkulit di depanmu, lalu ke kiri. Lanjutkan jalan terus, bunuh zombie-zombie lainnya disini. Gunakan MO Disk pada panel di samping sebuah shutter. Bersiaplah untuk menghadapi boss terakhir. Masuki area yang terbuka, lalu masuki pintu di ujung. Aktifkan lift di ujung.

Final Boss Fight ! Evolved Mutated Birkin 
Mutated Birkin akan kembali menyerangmu. Tiga kali tembakan Costum Magnum akan cukup untuk membuatnya bermutasi lagi. Kali ini, dia akan menjadi lebih gesit gerakannya. Tembak dia sebisa mungkin tepat sasaran. Sekitar enam atau tujuh kali tembakan Magnum yang tepat, dia akan kalah. Setelah mengalahkannya, keluar melalui lift yang sudah terbuka. Jalan ke kiri, lalu ke kanan, lurus terus. FMV, saksikan ending Leon Scenario A.

Save game kalian untuk melanjutkan permainan ke gameplay Claire Scenario B

ENDING 

H. MINI GAMES

EX-BATTLE MODE

Ex-battle mode

Save gamemu, lalu save juga data Ex-Battle di tempat save yang berbeda. Kalian akan mendapatkan EX-BATTLE MODE yang bisa kalian mainkan dengan cara menge-load data Ex-Battle di Arrange Mode. Tugasmu adalah kembali ke Police Station dan mencari atau mengumpulkan empat bom yang tertanam di dalam Police Station. Lokasi bom ditentukan game secara acak dan selalu berubah setiap kali kalian memainkannya kembali. Musuh yang akan kalian hadapi disini beragam, mulai dari zombie biasa, burung gagakGiant SpiderLickeranjing Cerberus bahkan sampai ke Tyrant T-103.

Berikut adalah data item yang dimiliki masing-masing karakter

Leon Scott Kennedy :

  • Remington M1100-P Shotgun
  • Dessert Eagle 50 A.E. Magnum
  • H&K VP70 Handgun
  • Ink Ribbons
  • First Aid Spray 
  • Blue Herb.

Claire Redfield :

  • M79 Grenade Launcher
  • Grenade Acid Rounds
  • Grenade Flame Rounds
  • Ink Ribbons
  • First Aid Spray
  • Blue Herb.

Ada Wong : (Karakter ini dapat dibuka dengan cara menyelesaikan level sebagai Leon).

  • Colt S.A.A.
  • MAC11
  • Sub-Machine Gun
  • Bowgun
  • Inks Ribbons
  • Mixed Herbs.

Chris Redfield : (Karakter ini dapat dibuka dengan cara menyelesaikan level sebagai Claire).

  • Berretta M92FS Handgun
  • Remington M1100
  • Rocket Launcher
  • Ink Ribbons
  •  First Aid Spray.

Setelah menemukan keempat bom di lokasi yang berbeda-beda, kalian akan menuju ke kereta di Platform Umbrella Laboratory dan menanamkan bom di dalam kereta lalu melarikan diri keluar dari terowongan. Perlu dicatat, bahwa tidak ada apapun yang kalian dapatkan dengan menamatkan mini game ini. Mini game lainnya, yang bisa kalian dapatkan adalah The 4th Survivor. Kalian bisa membuka game ini dengan cara menamatkan kedua skenario kurang dari waktu 3 jam.

THE 4th SURVIVOR

The 4th Survivor

Save mini game ini di slot yang berbeda lagi (kali ini, akan ditempatkan di Original Mode). Untuk memainkan game, cukup Load data kalian di Original Mode, lalu pilih skenario Hunk. Tidak ada storyline disini.

Hunk yang berhasil selamat dari serangan William dan berhasil mengamankan sampel G-virus, menghubungi kembali HQ, lalu kalian ditugaskan untuk menuju ke Extract Point di Helipad yang terdapat dalam bangunan RPD yaitu di Rooftop, tempat bangkai helikopter yang menabrak bagian dari bangunan RPD. Kalian bebas memilih jalan mana yang kalian sukai, namun hati-hati karena beberapa pintu terkunci, contohnya pintu menuju ke Emergency Stairwell. Musuh yang akan kalian hadapi disini, sama seperti yang terdapat dalam Extreme Battle.

Selain itu kalian juga akan mendapatkan pengumuman bahwa zombie Brad berkeliaran di suatu tempat di sekitar bangunan RPD dan dia memiliki Special Key di tubuhnya (atau Locker Key jika kalian melakukan check, kunci ini digunakan untuk membuka loker yang terkunci di Dark Room).

Jika kalian ingin menemukannya, kalian tidak boleh mengambil item apapun di sepanjang perjalananmu menuju ke RPD, termasuk Bow Gun atau Shotgun milik Kendo dan Handgun Bullets juga Green Herbs yang kalian temui di perjalanan. Kalian hanya boleh menggunakan apa yang ada dalam inventorymu. Kalian dapat menemukannya di lorong bawah yang ada di sekitar pintu masuk bangunan RPD.

Setelah mengalahkannya, ambil Special Key darinya. Di dalam loker Dark Room ada dua kostum yang super  yang bisa Leon dan Claire gunakan, juga senjata Colt S.A.A. Kalian juga akan mendapatkan Infinite Rocket Launcher jika berhasil menamatkan game dengan waktu yang telah ditentukan oleh game kurang dari 2,5 jam masing-masing skenario Leon A dan skenario Claire B (atau Claire A dan Leon B).

Cek di Item Boxmu. Jika kalian telah menamatkan game, baik Leon A dan Claire B maupun Claire A dan Leon B, maka kalian akan mendapatkan Infinite Sub-Machine Gun dan Infinite Gatling Gun di dalam Item Boxmu.

Terimakasih sudah membaca Walkthrough Resident Evil 2 Leon(A) Scenario, dan mohon maaf apabila banyak kata-kata yang salah dan berantakan, termasuk walktrhrough nya masih acak-acakan. Sekali lagi saya Mohon Maaf.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Walkthrough Resident Evil 2 Leon (A) Scenario"