Walkthrough Silent Hill Shattered Memories Lengkap

Walkthrough Silent Hill Shattered Memories Lengkap. Silent Hill, jika kalian pernah bermain game ini dan pernah ngerasa ngeri sendiri sampai terbayang lalu parno dan ga bisa tidur, berarti kita sama. Yup Silent Hill memang salah satu game yang bisa dibilang The Best untuk game dengan Genre Survival Horor.



Tak seperti series Silent Hill Sebelumnya, pada series kali ini kita bermain tidak dibekali senjata, melainkan hanya sebuah Smart Phone dan senter untuk mendapatkan arahan petunjuk menuju akhir permainan. Kalian tidak bisa bertarung melawan monster, melainkan kalian harus berlari dan berhasil survive dari monster yang mengejar kalian pada saat waktu Nightmare.

Berhubung Teka - Teki yang harus kalian pecahkan sangat sulit dan membingungkan, pada postingan kali ini kebetulan saya akan memberikan Walkthrough untuk membantu kalian memecahkan Teka - Teki tersebut.

Walkthrough Silent Hill Shattered Memories Lengkap
Delapan belas tahun tahun yang lalu, terjadi sebuah kecelakaan mobil yang menewaskan pria bernama Harry Mason. Sebagai seorang anak tunggal, Cheryl yang waktu itu masih berumur 7 tahun, memimpikan memiliki ayah yang masih hidup sampai sekarang.

TIPS & INFO
  • Walkthrough ini dibuat dengan menggunakan konsol PS2. Namun kamu tetap bisa memakai walkthrough ini di kedua konsol lainnya, PSP dan Wii.
  • Pada bagian nightmare, walkthrough hanya menjelaskan bagian-bagian yang dirasa sulit . Jadi, jangan selalu jadikannya sebagai penunjuk jalan saat kamu tersesat di dalam nightmare.
  • Saat kamu tertangkap musuh saat sedang menghadapi nightmare, tekanlah tombol Kotak, Δ, O, atau X sesuai dengan perintah yang muncul di layar. Jangan terlalu sering tertangkap oleh musuh, atau kamu harus mengulang nightmare tersebut dari awal lagi.
  • Jangan habiskan waktumu dengan bersembunyi. Bersembunyi di dalam kolong atau lemari saat kamu menghadapi nightmare tidak akan terlalu berfungsi karena musuh akan tetap menemukan persembunyianmu.

WALKTHROUGH

Section 1

Ikuti event dari awal sampai kamu memasuki therapy test yang pertama. Jawab semua tes yang diberikan sesuai dengan keinginanmu, lalu bersiap memulai petualanganmu di dunia Silent Hill. Tidak ada hal yang dapat kamu lakukan di sini selain melihat sebuah notes dan boneka yang tergeletak di bawah. Panjatlah dinding di sebelah barat dan masuki ruangan yang ada di depanmu. Teruslah berjalan sampai kamu berada di persimpangan jalan antara exit dan restroom. Ikuti jalan exit ke arah kiri sampai kamu berada di ruangan berikutnya.

Masuki ruangan yang bertuliskan "employees only" dan telusuri jalan sampai kamu menemukan sebuah pintu yang terkunci. Untuk membuka pintu ini, kamu harus melepaskan rantai pengaitnya terlebih dahulu. Tarik pengait tersebut ke atas, lalu buka kunci ke arah kanan. Setibanya kamu di luar, ikuti jalan ke arah kiri. Di sini, kamu diharuskan untuk memilih ruangan mana yang hendak kamu masuki, TV Shop atau Dress Store. Pilihan manapun tidak akan berpengaruh pada game, jadi pilihlah sesukamu.

Jika kamu memilih TV Shop, dengarkan recorder yang terletak di meja. Untuk lebih mudah mencarinya, perhatikan tanda panah berwarna putih yang menunjukkan keberadaan recorder tersebut. Setelah mendengar rekaman dari recorder tersebut, kamu akan mendapati pintu di belakang meja terkunci. Untuk membukanya, masuki ruangan di sisi kiri, putar channel TV ke angka 3, dan tekan "door release". Pintu yang tadi terkunci kini telah terbuka. Masuki pintu tersebut dan ikuti jalan ke kanan sampai kamu tiba di sebuah arena bermain. Namun jika kamu memilih Dress Store, dengarkan recorder yang terletak di atas meja (seperti petunjuk pada bagian TV Shop), lalu masuki ruangan yang terdapat di belakang meja.

Untuk membuka pintu selanjutnya, kamu memerlukan kunci yang tergantung pada patung model bagian tengah. Buka kancing jaketnya terlebih dahulu, lalu ambil kuncinya. Majulah terus sampai kamu tiba di arena bermain. Kamu kembali memerlukan kunci untuk membuka pintu berikutnya. Ambil kunci tersebut di dalam kaleng yang berada di sebuah kereta merah di sebelah kiri. Kunci tersebut berada di dalam kaleng yang terletak paling kiri. Buka pintu berikutnya dengan menggunakan kunci yang kamu dapatkan.

Kamu akan kembali dihadapkan pada 2 pilihan, memasuki "52 Dinner" di kiri jalan, atau "Good ol Days" di kanan jalan. Saya sarankan untuk memasuki "Good ol Days" dan ikuti event yang berlangsung disana. Kini kamu sudah bisa menggunakan fitur HP di game ini. Save game-mu terlebih dahulu jika kamu ingin, lalu ambil memento pertama-mu, "a Winter Beacon", di rak yang berada di sebelah kiri pintu masuk. Ikuti event singkat saat kamu berada di luar, lalu ikuti jalan sebelumnya kembali menuju taman bermain.

Setibanya kamu di sana, akan muncul sebuah pesan mengenai echo photos di layar TV/PSP-mu. Gunakan fitur kamera di HP-mu dan tangkap sebuah foto di ayunan. Dengarkan voice message yang kamu dapatkan lalu lanjutkan kembali perjalananmu menuju TV Shop/Dress Shop. Sebuah pesan akan kembali muncul di layar mengenai echo messages.

Dekati sebuah gaun di pojok ruangan jika kamu berada di Dress Store, atau TV yang berada di pojok kiri apabila kamu berada di TV Shop. Dengarkan voice message yang kamu dapatkan, lalu melangkahlah keluar. Kamu akan menerima telepon yang berasal dari rumah. Si penelpon menyuruhmu untuk segera berlari, karena saat itulah nightmare pertamamu akan segera dimulai.

Nightmare 1 : To Levin Street

Berjalanlah menuju ke arah suara alarm mobil yang kamu dengar, lalu masuki pintu di depannya. Ikuti event singkat yang berjalan. Kamu akan melihat dua monster di sisi kiri dan kananmu. Setelah event selesai, mulailah berlari karena para monster akan mulai mengejarmu.

Panjat dinding yang ada di depanmu, teruslah berlari menuju ke setiap pintu yang dikelilingi cahaya berwarna biru. Pintu-pintu tersebut akan membawamu ke area yang kamu tuju, Levin St.dan mengakhiri nightmare ini. Setelah kamu tiba di ruangan ketiga yang memiliki 2 buah jalan yang berbeda, pilihlah jalan yang memiliki kekuatan statis yang lebih lemah, yaitu jalan yang berada di sebelah kanan.

Hiraukan tempat persembunyian yang kamu temukan di sisi kiri, teruslah berlari menuju ke pintu yang berada di depanmu. Kini kamu berada di sebuah ruangan dengan berbagai patung di sisi-sisinya. Kamu bisa gunakan patung-patung tersebut untuk menghambat gerakan musuh dalam mengejarmu. Masuki pintu di sisi kiri dan kamu akan menemukan sebuah kolam tanpa air.

Masuklah ke dalam kolam tersebut dan ambil flare yang berada di sana. Gunakan api tersebut dengan menekan (↓) untuk membuat sebuah tameng sementara untuk menghindar dari musuh. Masuki pintu di sisi kiri dan ikuti terus jalan satu arah sampai nightmare ini berakhir. Ikuti event dan bersiap untuk menghadapi tes berikutnya.

Section 2

Jawablah 3 buah pertanyaan yang ia berikan, lalu kamu akan diminta untuk mewarnai gambar yang terletak di meja. Berikan warna sesuai yang kamu inginkan, karena hal ini hanya berpengaruh pada suasana rumah yang akan kamu datangi di event berikutnya.

Setelah kamu selesai mengikuti tes kedua ini, ikuti event antara Harry dengan Cybil di sebuah rumah. Tunggulah sampai Cybil turun dari mobil untuk memeriksa jalan, lalu pindah tempat dudukmu ke kursi depan sebelah kanan. Periksa laci mobil dan ambil memento "Hidden Fire" dari dalamsana. Setelah itu tariklah pengunci pintu ke atas dan buka pintu tersebut.

Kamu tidak akan menemukan Cybil di luar. Ikuti jalan setapak sampai kamu menemui sebuah pagar di sisi kiri. Loncati pagar tersebut dan terus berjalan sampai kamu berada di depan sebuah rumah. Akan ada sebuah echo message di sini, tepatnya di telepon yang tergantung di sisi kiri rumah. Dengarkan voice message yang kamu terima, lalu masuki rumah tersebut.

Di sebelah kanan pintu terdapat sebuah kotak P3K. Buka kotak tersebut dan ambil kunci untuk membuka pintu berikutnya. Kamu akan kembali berada di luar ruangan. Buka map di HP-mu, dan lihat simbol bulatan merah di dekatmu. Berjalanlah menuju tanda tersebut dan ambil memento "Frozen Waters" di salah satu sisi menara. Setelah memento kamu dapatkan, ikuti statis yang muncul sampai kamu mendapatkan echo message.

Masih belum dapat menemukannya? Ikuti saja jalan ke arah tenggara dari bulatan tersebut. Kembali ke jalan setapak yang tadi kamu ikuti, dan teruslah berjalan sampai kamu tiba di sebuah rumah di pojok danau (lihat map). Masuki rumah tersebut sampai kamu berada di ruangan kedua. Panjat jendela yang ada di sisi kanan lalu keluar melalui  pintu berikutnya.

Berjalanlah sampai kamu menemukan sebuah tebing di sisi kiri yang bisa kamu panjat. Naik lalu ikuti statis yang muncul dari sebuah kantong tidur di depanmu dan dapatkan echo message darinya. Setelah selesai, maju terus sampai kamu tiba di sebuah rumah dan turuni tangga menuju ke bawah. Berjalanlah menuju ke pintu yang berada di sebelah kiri, tapi JANGAN masuki pintu tersebut. Pintu itu hanya akan membawamu kembali ke hutan.

Loncati pipa yang ada di di sisi kirimu, lalu ikuti jalan tersebut sampai kamu menemukan jalan buntu. Akan ada echo photo di balik jeruji besi di sisi kanan. Ambil sebuah foto darinya, lalu dengarkan pesan yang kamu dapatkan. Kembali ke atas dan berjalanlah ke arah kiri. Kamu akan menemui sebuah rumah di ujung jalan. Masuki rumah tersebut sampai kamu berada di dalam kamar. Di sisi kanan pintu terdapat sebuah kotak kecil berisi memento "a Moveable Feast". Ambil memento tersebut dan masuki pintu berikutnya.

Berjalanlah ke arah kiri sampai kamu menemukan pintu lain untuk dimasuki. Di ruang keluarga ini terdapat sebuah memento "a Broken Ward" yang dapat kamu temukan dari dalam laci dekat pintu.
Setelah kamu ambil memento tersebut, masuki pintu di dekatmu dan kamu akan menemukan sebuah echo photo di salah satu dindingnya. Ambil foto tersebut, lalu kembali ke luar melalui pintu sebelumnya. JANGAN masuki pintu berikutnya, karena kamu akan kembali berada di tempat awal.

Ikuti jalan setapak ke arah kanan sampai kamu berada di dekat jembatan kecil, lalu terima telepon yang masuk. Sebelum kamu menyeberangi jembatan, berjalanlah ke arah kiri menuju ke sebuah pohon dengan kepala rusa di batangnya.  Terima echo message yang muncul, lalu seberangi jembatan.

Ikuti jalan ke arah kiri sampai kamu menemukan sebuah rumah dengan mobil pickup di ujung jalan. Kamu memerlukan kunci untuk dapat memasuki rumah ini. Berjalanlah ke samping kiri rumah, lalu ambil kunci dari dalam dompet pink yang berada di atas tumpukan kayu. Setelah kunci kamu dapatkan, masuki rumah tersebut dan berjalanlah sampai ujung. Kamu akan melihat sebuah bayangan hitam bergerak di sana, dan rumah tersebut akan berubah menjadi es. Bersiap untuk menghadapi nightmare keduamu.

Nightmare 2 : Out Of The Woods

Tunggu sampai seluruh bagian dari rumah ini tertutup dengan es, lalu kembalilah ke luar. Ikuti terus jalan yang ada di depanmu sampai kamu kembali ke rumah sebelumnya. Ikuti terus jalan satu arah yang ada sambil menghindari musuh-musuh yang mulai berdatangan. Setibanya kamu di sebuah tebing, panjat tebing tersebut dan ambil Flare disana.

Gunakan flare tersebut jika kamu rasa perlu, lalu teruskan perjalananmu ke arah kanan. Akan ada beberapa objek di sini yang bisa kamu gunakan untuk menghambat gerakan musuh. Setibanya kamu di Caldecotte Saw Mill (lihat map), akan ada tiga buah pintu yang bisa kamu masuki. Satu di bagian bawah, dan dua pintu lainnya berada di atas.  Masuki pintu yang berada di atas sebelah kanan, karena pintu itu merupakan jalan pintas yang dapat kamu tempuh.

Kembali ikuti jalan satu arah yang ditandai dengan cahaya biru di depanmu. Setelah kamu melewati sebuah area dengan merangkak, kamu akan kembali dihadapkan dengan dua jalan yang berbeda. Satu pintu di sisi kiri dan satu pintu di bagian depan. Masuki pintu yang berada di bagian depan, karena pintu yang di sisi kiri hanya akan membawamu kembali ke jalan sebelumnya.

Terus berlari sambil menjatuhkan patung-patung yang kamu temui untuk menghambat musuh. Melompatlah antar tebing sampai kamu tiba di ujung jalan. Turuni sisi kanan tebing, lalu masuki pintu yang berada di ujung sebelah kiri. Setibanya di ruangan kedua dari pintu tersebut, kamu akan terisolasi untuk sementara sampai puzzle yang ada di ruangan ini terpecahkan.

Dengarkan pesan yang kamu dapat dari echo message di ruangan ini. Berikut adalah jawaban untuk puzzle pada piano mainan tersebut:

Quack (hijau) - Hoot (Pink) - Squack (Kuning) - Squack (Kuning) - Cluck (Biru)

Setelah puzzle tersebut terpecahkan, pintu menuju area berikutnya akan terbuka. Eittss, jangan senang dulu, karena nightmare kamu belum berakhir sepenuhnya. Teruskan perjalananmu, lalu loncati tebing ke arah kiri dan ambil sebuah Flare disana. Ikuti jalan terus ke pojok kiri sampai kamu menemukan sebuah pintu yang bisa kamu masuki. Berlarilah sampai kamu berada di ruangan kedua, lalu masuki pintu yang berada di sebelah kiri (di depan sebuah sofa). JANGAN masuki pintu di sebelah kanan, karena pintu itu akan membawamu kembali keluar.

Ikuti terus jalan lurus di depanmu sampai kamu berada di ujung jalan. Masuki pintu yang letaknya menurun ke bawah, lalu ikuti ruangan yang kamu masuki sampai ujung. Panjat dinding untuk naik kembali ke atas, dan terus ikuti jalan lurus di depanmu.

Kini kamu tiba di sebuah rumah dengan tangga di bagian depannya. Naiki tangga tersebut dan masuklah ke dalam rumah. Selepas kamu keluar dari rumah ini, nightmare kedua berakhir.

Majulah terus melewati jembatan sampai kamu menemukan sebuah mobil di sana. Ambil memento "Pinned Beauty" dari dalam bagasinya, lalu perhatikan pada bagian pintu mobil yang terbuka. Yup, ada sebuah echo photo di sana. Tangkap echo tersebut lalu dengarkan pesan yang kamu terima. Setelah selesai, lanjutkan perjalananmu ke rumah yang berada di ujung jalan. Berjalanlah sampai kamu tiba di MidwichSchool, lalu terima telepon yang masuk dari Cybil.

Section 3

Kembali ke therapy room, kini kamu akan diberikan sejumlah pertanyaan mengenai dirimu. Jawab sesuai dengan kepribadianmu lalu kamu akan diminta untuk menyusun daftar pelajaran yang kamu sukai. Hal ini hanya akan berpengaruh pada pakaian yang akan kamu gunakan nantinya dan tidak akan berpengaruh pada ending.

Setelah therapy test selesai, ikuti jalan ke arah kiri sampai kamu menemukan sebuah pintu yang terkunci disana. Memutarlah ke bagian belakang rumah dan ambil kunci yang ada di dalam jendela. Gunakan kunci tersebut untuk membuka pintu yang terkunci. Tidak ada hal yang dapat kamu lakukan di ruangan ini, jadi teruslah berjalan sampai kamu kembali berada di luar.

Berjalanlah lewat sisi kiri sampai kamu mendapatkan echo message dari sebuah brosur yang menempel di dinding. Maju terus sampai kamu menemukan sebuah restoran burger bernama Wonderland. Masuki restoran tersebut dan ikuti statis yang muncul dari arah kanan. Ada sebuah echo message dari salah satu meja di sana. Terus melangkah ke dalam, lalu masuki pintu yang berada di belakang meja kasir. Akan ada sebuah echo message lagi di sini. Berjalanlah ke pojok kiri dan terima pesan tersebut.

Setelah itu ikuti tangga menuju ke atas dan loncatlah menuju bangunan yang ada di seberangmu. Sesampainya kamu di seberang, kamu akan menemukan sebuah memento "Suffocated Forever" di sana. Teruslah berjalan menuju ke bawah, dan kamu akan menemukan sebuah echo photo di atas sofa. Ambil foto dari echo tersebut, dengarkan pesan yang kamu terima, lalu kembali menuju restoran burger.

Setelah kamu menuruni tangga, berjalanlah ke arah kiri. Ambil memento "My Plastic Perfect Girl" dari dalam box dan masuki pintu berikutnya. Maju terus sampai kamu mendapatkan sebuah statis, lalu bergeraklah mendekat ke sebuah mobil di sebelah kanan sampai kamu mendapatkan echo message. Dengarkan pesan yang kamu dapat, lalu berbalik menuju ke arah barat.

Kamu akan menemukan sebuah jendela dengan empat paku di sisi kiri dan kanannya. Cabut ke empat paku tersebut dan masuki jendela. Kamu akan menemukan sebuah echo photo di sini. Dengarkan pesan yang kamu dapat dari foto tersebut, lalu ambil memento "Heavenly Protection" dari rak di bagian belakang. Masuki pintu menuju area berikutnya.

Sebuah statis akan menyambutmu saat kamu memasuki ruangan ini. Berjalanlah ke arah kanan dan terima pesan dari echo message. Teruskan perjalananmu ke arah pintu yang bertuliskan "courtyard" di sebelah kiri. Berjalanlah ke arah barat laut sampai kamu mendapatkan echo message dari sebuah kotak makan di atas meja.

Masuki pintu yang bertuliskan "Chemistry Lab" di sisinya, lalu teruslah berjalan sampai kamu tiba di laboratorium. Masuki pintu besar (bukan pintu kecil di sebelah kiri) lalu ambil memento "A Frigid Jewel" dari dalam katak. Setelah memento kamu dapatkan, masuki pintu di samping papan tulis dan naiklah ke atas.

Akan ada dua jalan di sini yang harus kamu pilih, antara Planetarium di sebelah kiri, atau Art Studio di sebelah kanan. Pilihan manapun tidak akan berpengaruh pada game, jadi tentukan sesukamu.

Art Studio

Jika kamu memilih untuk memasuki Art Studio, akan ada sebuah rak dengan beberapa benda yang bisa kamu gerakkan. Di depan rak tersebut terdapat sebuah lukisan yang memperlihatkan posisi dari setiap benda. Ikuti pola yang sesuai dengan lukisan tersebut, lalu lihat bayangan yang muncul di dinding. Jika posisi setiap benda pas, maka bayangan yang akan muncul adalah 8465. Jadi, nomor telepon yang harus kamu hubungi untuk membuka pintu yang terkunci adalah 555-8465.
          
Planetarium

Jika kamu memilih untuk memasuki Planetarium, kamu akan menemukan sebuah echo message dari salah satu kursi di sana. Dengarkan pesan yang kamu dapat, lalu nyalakan mesin proyektor yang ada di atas meja. Setelah proyektor menyala, berpindahlah ke bola proyektor yang ada di depanmu dan putar bola tersebut sampai kamu menemukan rasi bintang ursa minor.

Jika kamu belum mengetahui bentuk dari rasi bintang ursa minor, kamu dapat melihat pada foto-foto yang tergantung di dinding. Setelah kamu berhasil menemukan pola rasi bintang tersebut, kembali ke mesin proyektor dan tekan lampu berwarna merah sampai ia berubah warna menjadi hijau. Kamu akan mendapat pesan setelahnya beserta dengan nomor telepon yang harus kamu hubungi untuk membuka pintu. Jika kamu kesulitan dalam menemukan pola bintang ursa minor, jangan khawatir. Hubungi 555-2327 dan pintu yang terkunci pun akan langsung terbuka.

Setelah kamu berhasil mengatasi puzzle dari salah satu ruangan di atas, ikuti jalan menuju ke bawah dan kamu akan menemukan sebuah pesan dari Dahlia. Ikuti koridor ke arah kiri dan kamu akan menemukan sebuah echo message di sana. Terima pesan yang kamu dapat, lalu berjalanlah menuju locker bernomor 1037 dan ambil memento "An Eternal Rose" disana.

Balikkan badanmu dan telusuri koridor ke arah kanan. Pintu tersebut hanya dapat dibuka jika kamu memasukkan kode yang tepat pada mesin kode. Satu-satunya petunjukmu di sini adalah angka 1053 yang tertulis di sisi kiri mesin. Pergilah menuju loker bernomor 1053, lalu lihat gambar yang ada di dalamnya. Di sanaterdapat dua orang pemain dengan nomor punggung. Gabungkan kedua nomor punggung tersebut untuk mendapatkan kode yang diperlukan. Yap, 1031 adalah kodenya.

Majulah terus menuju gym, lalu dapatkan sebuah echo message dari  balon di sisi kanan gym. Terima pesan yang muncul dan masuki gym tersebut. berjalanlah menuju panggung kemudian ikuti event antara Harry dengan Michelle di sana. Kamu akan berada di principal's room setelahnya dan akan kembali menemui sebuah puzzle di sini.

Meskipun kamu sudah mengetahui password dari komputer ini, kamu tidak bisa langsung memasukkannya ke kolom password. Pilihlah link "forgotten your password?" pada bagian bawah kolom password dan mulailah menjawab tiga pertanyaan.

Note: Tiga pertanyaan diberikan secara acak dari total sembilan pertanyaan di bawah ini. Sesuaikan pertanyaan yang kamu terima dengan jawaban yang ada. 

  • Wasted three years of my life in order major in? Geology
  • I said goodbye to bachelorhood, freedom and happiness, where? Hawaii
  • The greatest baseball team, without question? Shiners
  • My only true (four-legged) friend? Nicky
  • My star sign even though I don't believe any of that? Scorpio
  • The king of sports, a man's game of squash? Racquetball
  • My bitch of an ex-wife's name? Valerie
  • What is the name of my wayward, waste-of-space son? Otto
  • Probably the best Shakespeare comedy? Twelfth-Night
Setelah selesai, kamu akan menerima password dari komputer ini. Yap, passwordnya adalah sunday45. Masukkan password tersebut ke dalam komputer dan ikuti event.

Nightmare 3 : School Is Out

Ada beberapa jalan yang dapat kamu tempuh di sini untuk mencapat target area (tanda silang biru pada map). Namun apabila kamu kesulitan dalam mencapai target area, kamu bisa ikuti alur jalan berikut ini.

Keluar dari ruang admin menuju ruang bagian C. Ikuti jalan terus ke arah kiri sampai kamu berada di Parking Area. Masuklah melalui pintu bagian barat blok D dan berlarilah ke timur sampai kamu tiba di Courtyard. Masuki target area di selatan.

Dapatkan echo message dari sebuah patung di depanmu, lalu berjalanlah kembali ke luar. Kamu akan mendapatkan sebuah pesan mengenai prime paparazzi sports saat di luar, lalu bukalah map di HP mu. Akan ada tambahan tiga target area di dalam map. Pergilah menuju setiap target area tersebut. Untuk memudahkanmu, cukup cari tiga tempat yang memiliki cahaya merah terang dan ambil foto dari fenomena tersebut.

Berlarilah menuju Courtyard dan kamu akan menemui sebuah Flare serta target area yang pertama. Ambil flare tersebut lalu tangkap foto dari sebuah patung di dalam ruangan. Teruskan perjalananmu menuju parking area (target area kedua), lalu ambil foto dari dalam mobil disana. Berlarilah menuju target area terakhir di blok F. Ikuti jalan ke arah selatan, lalu tangkap foto dari patung disana. Setelah ketiga photo tersebut berhasil kamu dapatkan, kembalilah ke ruangan di sebelah ruang admin.

Setibanya kamu di sana, kamu akan mendapatkan tiga buah pesan, masing-masing untuk setiap foto yang kamu ambil. Ikuti event saat kamu berjalan keluar. Michelle akan mengajakmu untuk pergi ke Balkan Club. Ikuti ia dari belakang sampai kamu tiba di sana. Kembali ikuti cutscene yang berjalan.
    
Section 4

Di dalam Balkan, masuki pintu bertuliskan "staff only" lalu naiki tangga menuju ke atas. Kamu akan mendapatkan pesan dari Dahlia saat kamu menaiki tangga tersebut. Akan ada tiga variasi pesan yang bisa  kamu dapat, dengan tiga arti yang berbeda pula.
  • Bored - Ending I (Family Ending)
  • Thirsty - (Alcoholic Ending)
  • Horny - (Sexual Ending)

Setibanya kamu di atas, kamu akan disuruh memilih antara pintu kiri atau pintu kanan. Isi dalam dua ruangan ini sama, jadi pilihlah sesukamu. Di dalam ruangan, ada banyak benda yang dapat kamu eksplorasi. Lakukan eksplorasi ke 3 benda yang kamu suka, lalu perhatikan pada benda ketiga yang kamu buka. Terdapat sebuah kunci di sana. Ambil kunci tersebut lalu kembali ke bawah menemui Michelle. Ikuti event yang berjalan sampai kamu pergi bersama Dahlia.

Event akan berhenti di sebuah jembatan gantung. Tugasmu di sini adalah mengoperasikan jembatan gantung tersebut agar posisi jembatan kembali seperti semula. Naiklah keatas menuju operation room, lalu periksa box maintenance di sisi kanan. Akan ada nomor telepon disana yang dapat kamu hubungi. Jika teleponmu tidak dapat tersambung, jangan khawatir. Jimmy Capra akan meneleponmu kembali sesaat setelah kamu mencoba mengoperasikan mesin. Dengarkan pesan yang ia sampaikan, lalu mulai operasikan mesin.

Tekan tombol berwarna merah yang ada di sisi kiri, lalu ikuti instruksi warna yang muncul sesuai dengan ketentuan berikut:
  • Warna Hijau  : Tunggu sesaat
  • Warna Biru   : Lever bagian tengah
  • Warna Merah: Lever bagian kiri
  • Warna Kuning: Lever bagian kanan

Setelah jembatan mulai bergerak turun, kembalilah ke mobil. Ikuti event sesudah kamu memasuki mobil sampai mobilmu tenggelam ke dalam air. Tunggu dan jangan lakukan apapun sampai air yang masuk ke dalam cukup tinggi.

Berpindahlah ke kursi bagian belakang dan ambil senter yang  mengapung di atas air. Kembali ke kursi depanmu dan lihat ke arah jendela. Akan ada sekelebat bayangan disana yang kemudian mengubah semua benda menjadi es. Tunggu sampai radio (panel berwarna merah) di depanmu bercahaya. Putar panel tersebut sampai esnya mencair dan menghilang. Kamu bisa menunggu beberapa saat sampai akhirnya benar-benar tenggelam, atau kamu bisa keluar dari mobil dengan membuka pintu atau jendela.

Kamu akan kembali ke therapy room setelahnya. Perhatikan ucapannya mengenai dirimu. Apabila ia berkata:
  • "You will die surrounded by family", maka kamu mengarah menuju family ending.
  • "Having sex", maka kamu mengarah ke sexual ending.
  • "Drink yourself to death", maka kamu mengarah ke alcoholic ending.

Setelah itu, ia akan meminta kita untuk menyusun beberapa foto ke dalam dua buah kolom, "Sleeping" atau "Died". Hal ini tidak akan berpengaruh terlalu banyak, saya rasa. Jika kamu menyusun foto bagian kolom "died" lebih banyak, ia akan berkata bahwa sebenarnya semua hanya sedang tertidur.

Begitu juga sebaliknya, jika kamu meletakkan lebih banyak foto pada kolom "Sleeping", ia akan berkata bahwa semua sebenarnya sudah mati. Susunlah sesuai dengan keinginanmu saja. Ikuti event sampai kamu tiba di nightmare berikutnya.

Nightmare 4 : To The Emergency Room

Jalankan kursi rodamu dan ikuti jalan satu arah. Jangan terburu-buru, karena para monster tidak akan mengejarmu selama kamu masih berada di atas kursi roda. Setelah kamu terjatuh dari tangga, periksalah map di HP-mu terlebih dahulu untuk memastikan di mana posisimu berada dan target area yang harus kamu tuju.

Ikuti jalan satu arah setelah melewati pintu di depanmu, lalu ambil Flare yang kamu temui. Ikuti terus jalan lurus di depanmu sampai kamu berada di luar gerbong, lalu ikuti jalan ke kiri melewati kolong mobil. Panjat tebing yang ada di depanmu, lalu masuki pintu yang ada di bagian kanan.

Ikuti terus jalan satu arah melewati dua pagar kawat. Setelah pagar kawat yang kedua, kamu akan kembali menemui dua jalan berbeda. Pilihlah pintu yang berada di ujung kanan, BUKAN pintu di bagian depan. Kamu akan mendapat pesan dari Dahlia setibanya kamu di dalam ruangan. Dengarkan echo message dari patung pria disana, lalu bersiap untuk menghadapi puzzle berikutnya.

Lihat poster yang tertempel di dekat pintu mengenai Alchemilla Radio. Lihat frekuensi radio tersebut, lalu berpindahlah menuju radio yang ada di atas meja. Putar knob yang ada sesuai dengan frekuensi Alchemilla Radio, yaitu 102 FM. Setelah radio menyala, berpindahlah ke poster lainnya mengenai Top Ten List. Lagu yang harus kamu request di sini adalah Daddy's Girl.

Karena itu, hubungi telepon 555-8814 (angka 4 sesuai dengan urutan list lagu Daddy's Girl pada poster). Tunggu sesaat sampai lagu tersebut dimainkan di radio, dan es pada pintu berikutnya pun akan mencair.

Section 5

Kamu akan menemukan event di sini. Ikuti Lisa dari belakang seperti saat kamu mengikuti Michelle sebelumnya. Setibanya kamu di apartemen Lisa, tunggu sampai dia selesai berganti pakaian. Ia kemudian akan memintamu untuk mengambilkan obat dari dalam rak yang ada di kamar mandi.

Ambilkan obat dengan warna yang tepat sesuai dengan permintaannya. Apabila kamu salah pilih (sengaja atau tidak sengaja), maka akan sangat mempengaruhi ending. Setelah obat tersebut kamu dapatkan, cek pada bagian music box dan ambil memento "Infinite Jest" di sana. Berikan obat tersebut kepada Lisa dan ikuti event di therapy room.

Therapy kali ini akan membahas mengenai "Guilty". Dengarkan cerita yang diberikan kepadamu, lalu susun karakter dari cerita tersebut berdasarkan faktor "Guilty" terbesar pada cerita. Kamu bisa susun karakter yang ada sesuai dengan keinginanmu, karena tes ini tidak akan begitu mempengaruhi ending yang akan kamu dapatkan nantinya.

Setelah selesai, kamu akan kembali berada di apartemen milik Lisa. Berjalanlah keluar apartemen dan lihat jalan yang bercabang di depan. Jalan ke kiri akan membawamu menuju Toluca Mall, sedangkan jalan lurus akan membawamu menuju Warehouse. Apabila kamu ingin mendapatkan memento lengkap, ikuti jalan lurus menuju Warehouse.

Setelah berjalan beberapa saat, kamu akan melihat sebuah pagar kawat di sisi kiri yang bertuliskan Warehouse. Panjat pagar tersebut, lalu naiki container yang ada di sebelah kirimu. Masuki jendela yang ada di atasnya dan terus berjalan sampai kamu tiba di ruangan bagian dalam. Kamu akan mendapatkan pesan dari Michelle saat kamu berada di dalam. Telepon ia kembali, lalu periksa kedua mesin foto kopi yang ada di ruangan ini.

Salah satu mesin foto kopi tersebut memiliki sebuah memento "Synthetic Femur".Turuni tangga menuju ke bawah lalu naiki tangga yang berbeda sampai kamu berada di luar ruangan. Ikuti jalan menuju Toluca Mall. Namun sebelum kamu memasuki Mall tersebut, Lisa akan menelepon dan meminta bantuanmu. Kembalilah ke apartemen milik Lisa dan ikuti event disana.

Nightmare 5 : Shooping At Toluca Mall

Tunggu sampai seluruh apartemen Lisa berubah menjadi es, lalu berlarilah menuju ke arah warehouse. Akan ada 2 jalan bercabang di sini, pilihlah jalan yang berada di pojok kiri. Terus ikuti jalan lurus di depanmu sampai kamu menemui sebuah Flare. Ambil Flare tersebut dan naiki tangga menuju pintu dengan tulisan "Toluca Mall" di dindingnya.

Kembali ikuti jalan satu arah yang ada di depanmu sampai kamu berada di sebuah ruangan besar dengan satu patung burung di tengah ruangan. Masuki pintu di sebelah kiri, lalu naiki tangga menuju ke pintu yang lain. Ikuti jalan satu arah sampai kamu berada di lantai teratas dari Mall ini. Di ujung kirimu terdapat sebuah pintu bertuliskan "garage access north". Masuki pintu tersebut, turuni tangga dan ikuti jalan satu arah sampai kamu akhirnya tiba di target area.

Ada sebuah puzzle yang harus kamu selesaikan di sini. Dengarkan echo message dari sebuah patung di depanmu, lalu mulailah eksplorasi mesin permen karet di sebelahmu. Warna yang harus kamu dapatkan adalah merah, ungu, kuning, dan pink. untuk mendapatkan warna yang diinginkan, goyangkan mesin tersebut sampai warna yang kamu inginkan muncul, lalu putar panelnya sampai permen tersebut keluar. Lakukan beberapa kali sampai semua warna berhasil kamu dapatkan.

Setelah berhasil, pintu berikutnya akan terbuka dan kamu akan mendapat sebuah pesan baru. Dengarkan pesan tersebut, lalu masuki pintu menuju ruangan berikutnya.

Section 6

Kamu akan mendapatkan sebuah pesan mengenai Toluca Mall. Hiraukan pesan ini karena tidak akan berarti penting di game ini. Berjalanlah ke pojok kanan ruangan ke arah sebuah toko bernama "Pageturners". Dapatkan echo message darisana, lalu masuki Family Pet di ujung kiri.

Ambil memento "Memories Undeveloped" yang ada di dalam kandang di atas rak sebelah kiri. Untuk membukanya, putar knob yang ada di sisi kiri dan kanan kandang tersebut. Setelah memento tersebut berhasil kamu dapatkan, berjalanlah ke pojok kanan ruangan ini dan dapatkan echo message. Masuki pintu di belakang meja kasir.

Ada sekelebat bayangan yang bergerak di depanmu, lalu kamu akan mendapatkan sebuah pesan baru. Baca pesan yang cukup panjang tersebut (meskipun tidak terlalu penting), dan masuki pintu berikutnya di sisi kanan.

Berjalanlah ke arah brankas yang terletak di atas sebuah rak. Putar knob ke angka 70, lalu buka brankas tersebut.  Ambil memento "My Flying lizard" dari dalamsana, lalu hampiri mainan kereta api besar yang berada di pojok ruangan. Nyalakan mainan tersebut, lalu tarik panel "Change Track" ke arah kanan. Tunggu sampai kereta itu menabrak, lalu ambil kunci yang keluar dari kereta tersebut. Naiki eskalator ke atas dan masuki pintu Exit.

Ikuti terus jalan satu arah sampai kamu tiba di ruangan besar dengan patung burung pada bagian tengahnya. Dapatkan echo message dari ujung koridor sebelah kanan lalu tidak lama setelah itu Michelle akan meneleponmu. Angkatlah telepon tersebut.

Dari sini, jalanmu akan terbagi menjadi dua, antara New Looks Hair dan Celebration Time Gift Shop. Pilihlah ruangan yang kamu suka, karena hal ini tidak akan mempengaruhi ending. Jika kamu memilih New Looks, hal yang harus kamu lakukan adalah berjalan ke arah kran air dan nyalakan airnya. Setelah air menyala, panaskan air dengan cara memutar knob di atas kran air. Lakukan hal ini ke semua kran yang ada, lalu lihat embun yang muncul di kaca. Salah satu dari kaca tersebut memiliki kode yang kamu perlukan untuk memasuki ruangan berikutnya, yaitu 1789.

Namun jika kamu memilih untuk memasuki Gift Shop, yang harus kamu lakukan pertama kali adalah mendapatkan echo message dari sana dan dengarkan pesan yang kamu dapat. Akan ada 2 buah musik yang kamu dengar di sini. Tugasmu selanjutnya ada mencari kartu ucapan dengan musik yang sama seperti pesan tersebut. Dua buah kartu ucapan yang kamu dapatkan tersebut memiliki kode tersirat di dalamnya. Yap, 20th Anniversary dan 50th Birthday. So, kode yang kamu perlukan untuk membuka pintu adalah 2050.

Dapatkan echo message dari koridor ini (dekat kotak sampah), lalu masuki pintu menuju ruangan berikutnya. Naiki tangga ke atas dan kamu akan kembali menemukan echo message di sini. Baca pesan yang masuk, lalu lanjutkan perjalananmu. Di ujung kiri kamu akan menemui sebuah echo photo. Tangkap dengan menggunakan kameramu, lalu masuki pintu menuju Movie Theater.

Di depanmu terdapat sebuah mesin mainan dengan memento di dalamnya. Tekan tombol (→) terlebih dahulu, lalu diikuti dengan menekan tombol (↑). Ambil memento "the Modern Prometheus" darinya, lalu masuki pintu yang ada di pojok kanan. Teruslah berjalan sampai kamu mendapat sebuah statis yang besar. Terus berjalan ke arah kiri dan masuki pintu exit. Terima pesan yang kamu dapat dari Dahlia, lalu keluar dari ruangan tersebut.

Kamu kini berada di luar ruangan. Panjat pagar kawat di depanmu, lalu ikuti jalan ke arah kanan. Di pojok jalan, kamu akan menemukan sebuah echo photo tepat di belakang sebuah mobil. Ambil foto tersebut lalu dengarkan pesan yang kamu terima. Lanjutkan perjalananmu sampai ke ujung, lalu masuki Pawn Shop di sebelah kanan jalan.

Kamu memerlukan sebuah kunci untuk bisa membuka pintu menuju area berikutnya. Berjalanlah ke arah meja kasir, lalu putar panel yang berada di jeruji besi di sisi kiri. Putar panel tersebut sampai kunci terjatuh ke atas meja. Selanjutnya putar meja kasir yang berbentuk lingkaran ke arah kiri sampai kamu mendapatkan kunci tersebut.

Setelah kamu membuka pintu yang terkunci, ikuti jalan ke kanan terlebih dulu dan masuki pintu. Kamu akan menemukan sebuah kotak berisi memento di dalam sini. Putar penutup kotak tersebut lalu ambil memento "We, Ouroboros" dari dalam kotak. Kembali ke jalan sebelumnya dan ikuti jalan naik ke atas. Ikuti cutscene yang berjalan sampai kamu menghadapi nightmare selanjutnya.

Nightmare 6 : Getting Nowhere Fast

Kembali ke jalan sebelumnya dan turuni tangga. Setelah beberapa saat kamu akan menemui jalan buntu. Ikuti event sampai Harry menjatuhkan dirinya ke bawah. Kamu akan berada di sebuah ruangan kosong tanpa apapun selain sebuah kursi yang berada tepat di belakangmu. Pergilah berkeliling sejenak sampai kamu merasakan sebuah statis. Ikuti arah statis tersebut berasal sampai kamu berada di sebuah koridor.

Koridor ini memiliki dua buah pintu di masing-masing ujungnya. Semua pintu tersebut akan menuju ke ruangan yang sama, jadi pilihlah sesukamu. Kini kamu berada di sebuah ruangan berisi TV rusak dengan tiga pintu di setiap sisinya. Sama seperti sebelumnya, tiga pintu tersebut akan membawamu ke ruangan yang sama. Pilih pintu manapun yang kamu suka untuk dimasuki, lalu turuni tangga menuju ke bawah.

Kamu akan kembali menemukan sebuah statis saat menuruni tangga. Ikuti arah statis tersebut berasal sampai kamu berada di depan sebuah kaca, dan kamu akan kembali berada di sebuah ruangan yang berbeda. Ruangan ini memiliki tiga pintu di bagian depan, kiri, dan kananmu. Jalan-jalan di nightmare cukup menyesatkan, maka disarankan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan agar kamu tidak tersesat dalam nightmare ini.

Masuki pintu yang berada tepat di depanmu (hiraukan jalan di sisi kiri dan kanan). Kamu memang akan menemukan cukup banyak musuh di sini, hindarilah sebisa mungkin lalu ikuti jalan ke arah kiri (hiraukan pintu di bagian depan dan kananmu). Masuki pintu disana sampai kamu berada di sebuah ruangan dengan dua pintu di bagian depan. Pilihlah pintu kiri (ada lampu gantung di depannya), dan kamu akan berada di dalam  koridor panjang dengan satu pintu di ujungnya. Masuki pintu itu.

Ikuti jalan satu arah sampai kamu kembali menemui jalan buntu. Beberapa ruangan yang akan kamu lewati akan terlihat sama, namun tetap teruskan perjalananmu sampai ujung. Setibanya kamu di ujung jalan, akan ada perintah untuk melompat ke bawah. Ikuti perintah yang diberikan.

Kamu akan berada di sebuah ruangan yang tampak berbeda pada awalnya. Tapi ada satu keunikan yang terjadi jika membuka map di HP-mu. Yap, kamu masih berada di tempat yang sama saat kamu memulai nightmare ini. Ruangan ini sekilas terlihat luas, namun sebenarnya tidak. Nyalakan sentermu dan kamu akan melihat ada tembok transparan yang membatasi gerakanmu di sini.

Ikuti jalan yang tidak tertutup tembok sampai kamu menemui statis dari sebuah patung. Kamu lagi-lagi akan berpindah menuju ruangan lain. Ruangan ini sama seperti sebelumnya, penuh dengan pintu yang menyesatkan sehingga kamu akan kesulitan dalam mencari jalan keluar. Berikut ini petunjuk jalan yang saya tempuh di ruangan ini:
  • Masuki pintu di ujung kiri, lalu ambil Flare yang kamu temui disana.
  • Masuki pintu di sebelah kanan.
  • Pintu di kiri,
  • Pintu di depan (utara),
  • Pintu di kiri,
  • Pintu di kanan,
  • Pintu di kiri.
Note: ada sumber yang mengatakan bahwa jalan yang kamu tempuh di sini akan selalu berubah. Jika petunjuk di atas tidak berhasil membawamu keluar dari nightmare, ikuti petunjuk kedua berikut ini.

Jika kamu sedikit jeli dalam memperhatikan sekeliling, kamu tentu tidak akan kesulitan dalam mencari jalan keluar dalam nightmare ini. Setiap pintu yang harus kamu lewati memiliki perbedaan jika dibandingkan dengan pintu lainnya. Perbedaan itu adalah tumpukan es yang berada di sekitar pintu. Masuki setiap pintu yang memiliki tumpukan es tebal di sekelilingnya, dan kamu akan dapat menemukan jalan keluar dengan mudah.

Setelah kamu berada di koridor panjang dengan satu pintu di ujung, kamu sudah terbebas dari nightmare. Masuki pintu di ujung dan ikuti cutscene yang berjalan.

Section 7

Kembali ke ruang terapi, kamu akan disuguhkan beberapa pertanyaan mengenai pernikahan. Jawab setiap pertanyaan yang diberikan, lalu kamu diminta untuk menyusun enam foto menjadi tiga pasang suami isteri. Pasangkan sesuka hatimu, lalu ikuti event sampai terapi tersebut selesai.

Ikuti event dan tunggu sampai John dan Michelle turun dari mobil. Berpindahlah ke kursi bagian depan, lalu periksa laci mobil seperti saat kamu berada di mobil Cybil. Ada memento "Poetry as Precise as Geometry" di dalam sana. Setelah kamu ambil, turunlah dari dalam mobil dan perhatikan sisi kanan mobil. Ada sebuah tangga menuju ke terowongan bawah tanah. Ikuti tangga tersebut dan masuki pintu biru di sebelah kanan.

Teruskan perjalananmu sampai kamu mendapatkan pesan dari Dahlia. Setelah beberapa saat berjalan, kamu akan menemukan jalan bercabang ke arah kiri. Masuki jalan tersebut lalu ikuti jalan ke arah kanan. Ada sebuah ikan di dalam pipa dengan kail yang menyangkut di bibirnya. Tarik kail tersebut sampai ikan itu mengeluarkan memento "A Happily Bond" dari dalam mulutnya.

Lanjutkan perjalananmu melewati jalan sebelumnya, lalu kamu akan mendapatkan telepon. Perhatikan setiap kata-kata yang dia ucapkan, karena hal tersebut dapat menandakan ending yang akan kamu capai nantinya. Jika ia berkata "Daddy, please don't come. It's not safe", maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan Family Ending pada akhirnya. Namun jika ia berkata "Go away!", kemungkinan besar kamu akan mendapatkan Unfriendly Ending.

Setelah telepon terputus, teruskan perjalananmu sampai ke sebuah pintu dengan roda pembuka. Putar roda tersebut untuk membuka pintu dan naiki tangga menuju ke atas. Setibanya kamu di luar ruangan, ikuti jalan ke arah kiri menuju bagian depan toko. Di sana terdapat sebuah patung dengan kotak kecil di tangannya. Putar pengunci kotak tersebut dan ambil memento "Memories Untaken" di dalamnya.

Terus berjalan sampai kamu berada di pertigaan jalan, dan kamu akan mulai merasakan statis yang berasal dari mobil merah di kiri kamu. Dekati peta yang terdapat pada bagian kap mobil, lalu dengarkan pesan yang kamu dapat. Setelah itu masukilah toko "Lakefront Souvenirs" yang berada tepat di sebelah toko "The Cobo Bistro".

Kamu akan mendapatkan memento di ruangan ini. Berjalanlah menuju rak perhiasan, lalu buka kaca ke arah kiri. Tarik alas merah dari rak tersebut dan ambil memento "a Beacon, a Key". Terus berjalan ke arah tirai di ujung ruangan dan masuki pintu yang berada di balik tirai tersebut.

Panjat pagar di depanmu lalu ikuti jalan ke kanan. Di ujung jalan terdapat sebuah teleskop yang dapat kamu putar arahnya. Putarlah teleskop tersebut sampai muncul cahaya putih dari lubang intipnya. Atur posisinya sebaik mungkin sampai sebuah lubang kecil di bawah teleskop terbuka. Ambil memento "Your Diamond Heart" dari sana dan masuki Annie's bar. Simak event yang berjalan antara Harry dan Michelle, lalu siapkan dirimu untuk menghadapi terapi terakhirmu di game ini.

Kamu akan diminta untuk menyusun gambar mana sajakah yang termasuk dalam benda-benda seksual atau bukan. Gambar-gambar yang diberikan kepadamu tampak tidak begitu jelas, jadi susunlah sesuai dengan keinginanmu saja. Hal ini juga tidak akan terlalu berpengaruh karena kamu sudah berada dekat dengan ending game.

Setelah selesai, kamu akan berada di sebuah koridor kecil. Ikuti koridor ini sampai kamu kembali berada di luar ruangan. Berjalanlah ke arah kanan sampai kamu tiba di ujung jalan, lalu perhatikan kursi panjang di sisi kananmu, ada sebuah kotak berisi memento di dalam sana. Ambil memento "The Dragon" dari dalamnya, lalu berjalanlah menuju pintu masuk Amusement Park yang berada di depan kursi panjang tersebut.

Masuki loket penjualan tiket di sisi kiri, lalu perhatikan jaket kuning yang tergantung disana. Buka jaket tersebut untuk mendapatkan kunci menuju area berikutnya. Ikuti jalan ke kiri sampai kamu tiba di ujung jalan. Tentu kamu masih ingatkan, tempat apa ini? Yap, ini tempat dimana kamu pergi bermain bersama Cheryl (ingat-ingat video yang diputar di awal permainan).

Di gambar tersebut terdapat sebuah echo photo yang bisa kamu ambil. Dengarkan pesan yang kamu terima, lalu berbaliklah dan ikuti jalan yang berlawanan dari posisimu sekarang. Di ujung jalan sebelah kanan, kamu akan menemukan sebuah slot machine yang dapat kamu mainkan. Mainkan slot machine tersebut 3-4 kali sampai kamu mendapatkan sebuah memento "Eve" yang keluar dari mesin tersebut.

Setelah selesai, berbaliklah dan panjat dinding yang ada di depanmu menuju arena bermain "Tunnel of Love". Merangkaklah untuk masuk ke dalam, lalu turuni tangga. Kamu akan mendapatkan 3 buah statis berturut-turut di sini.

Statis pertama berasal dari bebek mainan yang berada di bagian tengah. Dengarkan pesan yang kamu dapat, lalu kembalilah ke atas sampai kamu menemukan sebuah bayangan yang berkelebat disana. Ikuti bayangan tersebut menuju bebek mainan yang berada di bagian depan, lalu kembali ikuti bayangan itu sampai ke depan sebuah pintu yang tertutup dengan es.

Es tersebut akan mencair seiring dengan pesan yang masuk ke dalam HPmu. Dengarkan pesan tersebut dan masuki pintu di depanmu. Panjat pagar dan buka map di HPmu. Akan ada 2 buah tempat pemberhentian kapal di sini. Berjalanlah menuju dek kapal yang berada di kanan, lalu masuki pintu dan ikuti cutscene 'seru'. Setelah cutscene berakhir, kamu akan terbangun dari tidurmu dan menemukan segalanya telah berubah menjadi es, kecuali bajumu tentunya.

Final Section

Kamu akan melihat sebuah cahaya dari kejauhan yang berasal dari Lighthouse. Turuni kapal dan mulailah berlari menuju arah cahaya itu berasal. Tidak lama setelah kamu berlari, Dahlia akan meneleponmu dan memintamu untuk kembali. Hiraukan permintaannya tersebut dan teruslah berlari. Setelah itu kamu akan mendapatkan sebuah pesan gambar dari Cybil. Perhatikan foto Cheryl yang ia kirimkan sambil terus berlari.

Setelah beberapa saat, sesuatu yang kamu tunggu-tunggu pun akhirnya datang.Yap, para monster akan mulai berdatangan dari berbagai arah dan akan mengejarmu tanpa henti. Sekeras apapun usaha kamu di sini dalam melawan mereka, tetap tidak akan berhasil. Jadi saya sarankan untuk tidak memberikan perlawanan apapun sampai kamu tergeletak pingsan.

Ikuti event singkat sampai es yang kamu pijaki hancur. Kamu harus melanjutkan perjalananmu dengan berenang. Ikuti instruksi yang diberikan untuk memulai berenang.  Setelah beberapa saat, Harry akan mulai kelelahan dan akhirnya tenggelam.

Selang beberapa detik kamu akan melihat sebuah event lain. Ikuti event tersebut lalu berjalanlah menuju Lighthouse Clinic. Setibanya di dalam, ikuti jalan ke kiri menuju sebuah patung berbentuk kepala dan ambil memento "Adam" dari dalam kepalanya. Ikuti koridor menuju sebuah pintu.

Congratz, kamu sudah berhasil menamatkan game ini! Simak event yang berjalan dan nikmati ending pilihanmu.

Notes: Jangan matikan konsolmu sebelum perintah untuk menyimpan game muncul. Simpan game dan mainkan ulang untuk mendapatkan UFO Ending (lihat bagian ending).


ENDING MODE

Game ini memiliki 3 buah ending utama. Berikut ini penjelasan mengenai setiap ending tersebut.

Family Ending

Ending ini merupakan ending yang paling sering didapatkan karena merupakan cerita mendasar dari game ini sendiri. Bertindaklah layaknya kamu seorang kepala keluarga yang baik, dan mengutamakan keluarga dalam segala hal. Hiraukan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan game seperti alkohol, seks, dan lainnya. Hal-hal yang berpengaruh terhadap ending ini antara lain:
  • Jawab "No" pada pertanyaan "Would you prefer to spend time with friends over family?"
  • Jawab "Yes" pada pertanyaan "You think marriage can really last?" dan "Should a couple stay together for the kids?"
  • Selalu berikan jawaban "No" untuk setiap pertanyaan mengenai seks, alkohol, dan sebagainya.

Unfriendly Ending

Untuk mendapatkan ending ini sebenarnya cukup gampang. Bertindaklah layaknya orang yang hanya mementingkan diri sendiri dan tidak mempedulikan orang lain. Hal-hal yang berpengaruh terhadap ending ini antara lain:
Saat di berada di apartemen Lisa, berikan ia obat dengan warna lain.
  • Jawab "False" untuk pertanyaan "I make friends easily" dan "I always listen to other people's feelings".
  • Jawab "Yes" untuk pertanyaan "Would you consider yourself a private person?"
  • Jawab "No" untuk pertanyaan "Should a couple stay together for the kids?"

Contradict Ending

Bersikaplah kebalikan dari dirimu sendiri dan bertindak acuh tak acuh terhadap setiap therapy test yang diberikan. Sedikit sulit memang, namun jika kamu melakukan beberapa hal berikut ini, kamu bisa mendapatkan ending berikut ini dengan lebih mudah.
  • Saat berada di therapy room, arahkan pandanganmu ke tempat lain. Jangan sekali-kali mencoba untuk menatap Kaufman.
  • Jawab "No" untuk semua pertanyaan mengenai pernikahan (marriage).
  • Jawab "True" untuk pertanyaan "I prefer abstract ideas".
  • Jawab "Yes" untuk pertanyaan "Would you say it takes a while for people to get to know you?"

CUTSCENE MODE

Selain dari 3 ending utama di atas, game ini masih memiliki empat ending lain (tidak termasuk UFO ending). Keempat ending ini bisa kamu lihat setelah event terakhir di therapy room (Lighthouse Clinic). Tunggu game credits sampai selesai, lalu sebuah cutscene akan muncul. Berikut ini penjelasan mengenai 4 variasi cutscene yang bisa kamu dapatkan.

Family Cutscene

Sama seperti Family Ending, cutscene ini bisa kamu dapatkan dengan mudah asalkan kamu bertindak layaknya seorang ayah yang baik. Hal-hal yang mempengaruhi cutscene ini pun sebagian besar sama seperti Family Ending. Cukup ikuti petunjuk pada Famiy Ending, dan kamu bisa mendapatkan cutscene ini dengan mudah.

Unfriendly Cutscene

Apabila kamu sudah berhasil mendapatkan Unfriendly Ending, kemungkinan besar cutscene ini pun akan kamu dapatkan secara otomatis. Hal-hal yang diperlukan untuk mendapatkan cutscene ini pun tidak jauh berbeda dengan Unfriendly Ending.

Sexual Cutscene

Bersikaplah layaknya seorang yang gila seks. Saat kamu berbicara dengan lawan jenismu, selalu arahkan pandangan matamu ke bagian dadanya. Beberapa tindakan yang mempengaruhi cutscene ini antara lain:
  • Saat berada di apartemen Lisa, intip saat dia sedang berganti pakaian.
  • Perhatikan semua poster-poster yang berhubungan dengan seksualitas.
  • Saat kamu mengikuti Michelle dan Lisa dari belakang, arahkan pandangan matamu ke bagian (maaf) bokongnya.
  • Jawab "No" untuk pertanyaan "Virgin" dan "You think marriage can really last?"
  • Jawab "Yes" untuk pertanyaan "Do you think sex becomes stale after marriage?"
  • Masukkan pelajaran "Sex Education" pada therapy test ketiga.

Alcoholic Cutscene

Selalu perhatikan setiap benda ber-alkohol yang kamu temui sepanjang permainan. Berikut ini beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan custcene ini:
  • Saat berada di therapy room, selalu arahkan pandanganmu ke arah botol Beer yang ada di atas rak.
  • Jawab "True" untuk pertanyaan "Having a drink helps me relax".
  • Jawab "Yes" pada pertanyaan "Drunk" di therapy test ketiga.

UFO ENDING MODE

Buat kamu yang mengikuti Silent Hill series, tentu udah gak asing lagi sama ending yang satu ini. Ending ini hanya bisa didapat setelah berhasil menamatkan game dan melakukan save di akhir game. Mainkan ulang game ini, lalu saat kamu sudah bisa melakukan panggilan dengan menggunakan ponselmu, hubungi nomor berikut ini untuk memulai UFO ending: 555-3825. Setelah itu, mulailah kumpulkan ke-13 lokasi UFO di sepanjang permainan. Disarankan untuk tidak menggunakan senter saat kamu sedang mencari lokasi UFO.  Lokasi ke-13 UFO :
  1. Di bawah lampu jalan, setelah kamu melewati arena bermain di akhir section 1 (lihat bagian walkthrough).
  2. Pada section 2, di sebuah rumah yang berada di pinggir danau. Perhatikan lubang yang berada di langit-langit, di ruangan pertama yang kamu masuki.
  3. Pada section 2 di Orion Lodge (lihat map). Sebelum kamu melangkah menuju jembatan, perhatikan tumpukan barrel di dekatmu terlebih dahulu. Tepat di atasnya terdapat sebuah UFO.
  4. Di awal section 3, di lapangan sepakbolaMidwichHigh School. Lihatlah ke arah atas, ada sebuah UFO besar disana
  5. Di section 3, di atas loteng antara rumah makan Wonderland dan Cathouse.
  6. Di section 3, di courtyard Midwich High School. UFO tersebut berada tepat di atas patung yang ada di tengah-tengah courtyard.
  7. Di halaman luar sebelum kamu memasuki gym pada section 3. UFO tersebut berada di sebuah pohon di sebelah kananmu. Perhatikan dengan seksama karena UFO ini berukuran cukup kecil.
  8. Di section 5, sesaat sebelum kamu mendapat telepon dari Lisa di depan pintu masuk Toluca Mall. UFO ini berada di bawah jembatan di dekat pintu masuk Toluca Mall.
  9. Di section 6, di toko Family Pet di dalam Toluca Mall. UFO ini berada di dalam akuarium ikan. Matikan sentermu untuk lebih jelas).
  10. Di dalam Pawn Shop di section 6. perhatikan rak yang berada di sebelah kirimu dan kamu akan menemukan sebuah UFO disana.
  11. Di dekat tangga menuju ke atas saat kamu hendak keluar dari terowongan bawah tanah di section 7.
  12. Di section 7, di ujung kiri jalan sebelum kamu menaiki kapal menuju Lighthouse Clinic.
  13. Di section 7, di pinggir pantai dekat Lighthouse Clinic.

Post a Comment for "Walkthrough Silent Hill Shattered Memories Lengkap "